Sabtu, 03 Juni 2017 08:06 WIB

PBB Puji Keputusan Trump

Editor : Yusuf Ibrahim
Juru bicara PBB, Stephane Dujarric. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, memuji keputusan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, untuk menunda pemindahan Kedubes AS di Israel.

Ia mengatakan keputusan Trump tersebut adalah keputusan yang bijaksana. Gedung Putih mengatakan bahwa Trump memutuskan untuk menandatangani surat keputusan untuk menunda pemindahan kedubes AS di Israel dari Tel Aviv ke Jerusalem sesuai dengan undang-undang tahun 1995. Surat keputusan ini juga ditandatangani oleh presiden AS sebelum-sebelumnya. 

"Kami pikir penandatanganan untuk menunda dan keputusan yang diambil adalah keputusan yang bijaksana," kata juru bicara PBB, Stephane Dujarric, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (20/06/2017). 

"Tentu saja status Jerusalem adalah isu inti yang hanya bisa diselesaikan melalui penyelesaian politik yang dinegosiasikan dari konflik Israel-Palestina," imbuhnya.

"Sekretaris jenderal berharap keputusan tersebut dapat berkontribusi untuk memfasilitasi dimulainya kembali proses perdamaian yang sejati," Dujarric menambahkan.

Menurut Dujarric, memindahkan kedutaan akan mempersulit perundingan atau semacamnya karena mereka baik Israel maupun Palestina menyebut Jerusalem sebagai ibukota mereka.

Trump berulang kali mengatakan selama kampanye kepresidenannya dia akan memindahkan kedutaan dan pejabat AS mengatakan bahwa dia bermaksud untuk tetap menepati janjinya.(exe/ist)


0 Komentar