Rabu, 24 Mei 2017 22:04 WIB

Putri Presiden Soeharto Doakan Andika Monoarfa Berprestasi

Editor : Yusuf Ibrahim
Siti Hardijanti Rukmana (tengah) dan Andika Monoarfa. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Setelah sebelumnya secara resmi menunjuk Andika Monoarfa sebagai Ketua Umum pada Musyawarah Nasional (Munas) yang berlangsung di Bali, 5 -6 Mei 2017, kini Pengurus Besar Perserikatan Baseball Softball Seluruh Indonesia (PB Perbasasi) melakukan pengukuhan dan pelantikan personalia masa bakti 2017-2021. 

Pengukuhan dan pelantikan personalia PB Perbasasi yang berlangsung di Gedung Serbaguna Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Senayan, Jakarta, Rabu (24/05) dipimpin Ketua KONI Pusat, Tono Suratman.

Bukan hanya pengurus personalia, bersamaan dalam upacara seremonial tersebut juga dilantik tiga nama Dewan Pembina yang diketuai oleh putri dari Presiden Kedua Republik Indonesia, Siti Hardijanti Rukmana. Sedangkan posisi Sekretaris Dewan Pembina diisi oleh Doedi Gumbiro yang sebelumnya menjadi rival Andika Monoarfa dalam perebutan posisi ketua.

''Saya harap para pengurus yang hari telah resmi dilantik mampu mengembalikan prestasi olahraga baseball dan softball Indonesia. Semoga amanat yang telah diberikan ini mampu diemban dengan penuh tanggung jawab,'' ungkap Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman.

''Selain itu, saya juga ingin menyampaikan rasa bangga saya karena bisa berdiri di tempat ini bersama dengan Ibu Siti Hardijanti Rukmana,'' imbuh Tono Soeratman yang pernah bertugas sebagai pengawal Presiden Kedua Republik Indonesia.

Munculnya nama Siti Hardijanti Rukmana memang cukup mengejutkan. Meski sebelumnya sudah berkecimpung di dunia softball, namun kehadirannya kembali dalam kepengurusan Andika Monoarfa menjadi kejutan tersendiri bagi para pelaku olahraga Indonesia.

''Saya bukan orang baru di dunia softball. Sejak tahun 80-an saya sudah berkecimpung di olahraga ini. Tapi keputusan saya untuk kembali sepenuhnya karena Andika. Saya berharap andika dan kepengurusan yang baru ini bisa kembali membawa olahraga baseball dan softball kembali berprestasi, karena tidak lama lagi kalau tidak salah ada banyak sekali ajang kejuaraan dunia, dan semoga kita bisa kembali berprestasi di level dunia,'' terang wanita yang akrab disapa Tutut tersebut.

Andika Monoarfa juga kemudian mengamini pernyataan putri kesayangan Soeharto tersebut. Menurut Andika, disaat dirinya memutuskan untuk maju dalam pencalonan Ketua Umum Perbasasi, Tutut adalah orang pertama yang ia mintai dukungan dan arahan.

Maka setelah terpilih sebagai Ketua, Andika kemudian meminta Tutut untuk duduk sebagai Ketua Dewan Pembina.

''Sudah sejak awal saya terus meminta dukungan dari Bude (sapaan akrab Andika pada Tutut). Saya sangat bersyukur disaat beliau menerima permintaan saya untuk duduk sebagai Ketua Dewan Pembina,'' terang Andika.

Selain itu, Andika juga menjelaskan alasan kenapa dirinya menggandeng Doedi Gambiro dalam strukutur kepengurusannya. Padahal, Doedi adalah salah satu rival Andika dalam perebutan posisi ketua.

''Kak Doedi adalah senior saya, ia jauh lebih dulu masuk di dunia baseball dan softball. Karena itu saya merasa sangat perlu untuk menyertakan Kak Doedi dalam kepengurusan ini, karena dengan pengalamannya, beliau pasti memberikan masukan-masukan penting bagi kami para pengurus Perbasasi,'' jelas Andika.

Andika juga tak lupa menyampaikan rencana yang akan diambilnya setelah resmi dilantik sebagai ketua. Selama sebulan ke depan, dirinya akan mendatangi semua daerah di Indonesia untuk memetakan sumber daya pemain, pelatih, dan perangkat pertandingan.

Karena pada Juli mendatang, akan ada sejumlah turnamen internasional yang bila memungkinkan juga akan diikuti oleh Indonesia.

''Saya akan lakukan sensus dari Sabang sampai Merauke. Dari situ nantinya kita akan tahu kualitas pemain, pelatih, dan bahkan perangkat pertandingan yang kita punya saat ini,'' ungkap Andika.

''Maka kita harus tahu benar kekuatan yang kita punya. Dari hasil itu nantinya barulah kita bisa putusakan apakah kita akan berangkatkan tim untuk ajang tersebut atau tidak,'' imbuhnya.

Dalam susunan pengurus yang hari ini dilantik, terdapat total 30 nama termasuk Andika Monoarfa yang menjabat sebagai Ketua.(exe/ist)


0 Komentar