Minggu, 21 Mei 2017 20:37 WIB

Taiwan Kecam Cina

Editor : Yusuf Ibrahim
Menteri Kesehatan Taiwan, Chen Shih-chung. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Taiwan berharap para sekutunya untuk melawan pemaksaan dan ancaman Cina yang telah melarangnya ikut pertemuan tahunan Majelis Kesehatan Dunia (WHA) PBB.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Kesehatan Taiwan, Chen Shih-chung. Ribuan delegasi dari 194 anggota Organisasi Kesehatan Dunia akan menghadiri pertemuan Jenewa minggu ini, namun delegasi dan media Taiwan dilarang masuk.

"Saya harus meminta Cina untuk menunjukkan kebijaksanaan dari tradisi budaya Cina, seseorang menjadi pemenang berkat niat baik dan bukan karena pemaksaan dan ancaman. Itulah yang harus ditunjukkan oleh sebuah negara besar kepada dunia," kata Chen seperti dikutip dari Reuters, Minggu (21/5/2017).

Kepala WHO Margaret Chan, seorang warga Hong Kong yang penggantinya akan dipilih pada hari Selasa nanti, memiliki hak untuk mengundang Taiwan sebagai pengamat. Chen meyakini Chan mendapat tekanan yang hebat untuk tidak mengundang Taiwan.

"Saya tidak terlalu mau memfokuskan kritik pada individu dan saya yakin dia mendapat tekanan besar, tapi saya percaya bahwa sebagai pemimpin terpenting WHO, dia harus dapat membuat keputusan dan menjunjung tinggi prinsip kesehatan global," kata Chen

Tiga kandidat dari Pakistan, Ethiopia atau Inggris akan dipilih untuk menjadi pengganti Chan. Terkait hal itu, Chen mempunyai harapan tersendiri.

"Harapan kami tinggi dan kami percaya bahwa kandidat berikutnya akan melakukan yang lebih baik dan kami akan memberi mereka dukungan penuh kami. Anda tidak bisa mengecualikan 23 juta orang dari jaringan kesehatan global," kata Chen.

China memandang Taiwan yang demokratis sebagai provinsi pemberontak yang dapat direkonstruksi dengan menggunakan kekuatan jika perlu. China mengatakan bahwa negara-negara lain dan organisasi internasional seharusnya tidak mengakui atau memperlakukannya sebagai negara yang terpisah.

Taiwan bukan anggota PBB, yang mengakui kebijakan "satu China" yang berpusat di Beijing, dan secara formal tidak pernah mengambil bagian dalam pertemuan U.N.

Sejak 2009 telah diberi status pengamat di WHA dengan persetujuan Beijing. Namun Presiden Tsai Ing-wen telah membuat marah Beijing dengan menolak untuk mengakui "konsensus 1992", seperti yang dilakukan oleh pemerintah Nasionalis China sebelumnya.

"Kesepakatan tahun 1992" mengakui Taiwan dan China adalah bagian dari satu Cina namun memungkinkan keduanya untuk menafsirkan siapa penguasa tersebut.(exe/ist)


0 Komentar