Kamis, 18 Mei 2017 17:01 WIB

Soal Kenaikan Harga Bahan Pokok Saat Bulan Puasa, Ini Saran DPR

Editor : Rajaman

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Jelang bulan puasa, kenaikan harga bahan pokok menjadi permasalahan klasik bagi masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. 

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Viva Yoga menyarankan ada tiga poin penting untuk pemerintah dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat, mendapatkan bahan pokok dengan harga murah.

"Pertama, jika kenaikan harga bahan pokok terjadi karena supply dan demand yang tidak seimbang. Maka pemerintah harus melakukan intervensi guna menstabilkan pasokan barang dan harga," ujar Viva, kepada Tigapilarnews.com, Kamis (18/5/2017).

Selain itu poin kedua adalah, apabila kenaikan harga terjadi karena mata rantai distribusi bahan pangan yang panjang sehingga inefisien dan ekonomi biaya tinggi.

"Maka pemerintah harus memotong mata rantai itu dan mendekatkan titik produsen dan titik konsumen agar harga terjangkau oleh masyarakat," katanya.

Poin selanjutnya, Jika kenaikan harga terjadi karena pasokan barang di pasar berkurang atau hilang. Maka satgas pangan yang dibentuk pemerintah harus cepat melakukan penyelidikan dan penyidikan terjadi penimbunan barang atau terjadi kartelisasi. 

"Pemerintah harus tegas terhadap oknum pelaku dengan menangkap karena telah melakukan tindak kejahatan ekonomi," jelasnya.

Politikus PNA juga meminta, kepada pemerintah harus menjamin agar sirkulasi pasokan pangan cukup sehingga harga bisa terkendali.


0 Komentar