Kamis, 18 Mei 2017 11:43 WIB

Polisi Temukan 25 Mayat Penambang Emas Liar di Afrika Selatan

Editor : Sandi T

JOHANNESBURG, Tigapilarnews.com - Polisi menemukan 25 mayat yang diyakini sebagai penambang liar di tambang Harmony Gold yang sudah tidak digunakan. Lokasi ini dekat area ditemukannya 76 penambang liar tewas pada 2009 yang menjadi salah satu bencana pertambangan terburuk di Afrika Selatan.

Sejumlah mayat tersebut ditemukan di poros Elandm dekat kota Welkom, setelah ada ledakan gas pada akhir pekan lalu, di daerah tambang yang sudah tidak digunakan. Lokasi ini masih menyimpan deposit emas yang cukup menarik bagi sindikat pertambangan liar.

Penambangan emas liar telah melanda Afrika Selatan selama beberapa dasawarsa sehingga merugikan industri legal dan pundi-pundi penghasilan negara hingga miliaran rand melalui pencurian kecil-kecilan. Mereka  dijalankan oleh jaringan kejahatan terorganisir.

Polisi memastikan bahwa 11 penambang liar selamat, namun meyakini bahwa masih ada lagi yang berada di dalam. Penambang liar dikenal di Zulu sebagai zama-zamas, yang diterjemahkan secara bebas memiliki arti sebagai "mereka yang mencoba mendapatkan sesuatu dari ketiadaan".

"Ada ledakan yang terjadi pada Kamis pekan lalu, dan ledakan itu menyebabkan kematian para penambang ilegal," kata juru bicara pihak kepolisian, Mayjen Lerato Molale.

Dia mengatakan bahwa kemungkinan ledakan itu disebabkan oleh para penambang itu sendiri.

Jenazah dari 76 penambang liar dibawa ke permukaan di poros Eland pada tahun 2009 setelah kebakaran yang terjadi di sebuah tambang di provinsi Free State.

Sibanye Gold adalah perusahaan pertama yang menetapkan tenggat waktu untuk menghentikan praktik tersebut, dan telah berjanji untuk membersihkan semua penambang liar dari porosnya pada akhir Januari tahun depan.

sumber: antara


0 Komentar