Senin, 15 Mei 2017 22:37 WIB

Kemenhub Kejar Kontrak Tol Laut

Editor : Yusuf Ibrahim
Kapal Tol Laut yang diusulkan Presiden Joko Widodo. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengejar perjanjian kontrak pada Juni untuk pengoperasian empat dari tujuh trayek tol laut yang diberikan kepada swasta.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, A. Tonny Budiono usai Uji Petik Kelaiklautan Kapal di Pelabuhan Merak, Merak, Banten, Senin (15/05/2017), mengatakan tiga trayek telah dikontrak pada April lalu.

"Tiga swasta yang sudah jalan itu sejak April, rencananya swasta itu tujuh dengan tiga yang sudah berjalan, masih butuh empat lagi, diharapkan Juni sudah ada penyedia layanannya," ucapnya.

Tonny mengatakan saat ini tiga trayek yang dioperasikan oleh swasta sudah berjalan selain trayek yang dioperasikan oleh PT Pelni.

"Mungkin ada satu yang kita negosiasi, sebab mereka menawarkan lebih dari harga, diharapkan rampung akhir bulan ini," ujarnya. 

Sementara itu, untuk pusat logistik di wilayah Timur atau Rumah Kita juga sudah berjalan tiga Rumah Kita oleh tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PT Pelni, ASDP Indonesia Ferry dan PT Pelindo II. 

"20 sisanya (Rumah Kita) sedang persiapan, waktunya tergantung dari masing-masing BUMN, sebab mereka menyiapkan gudang dan konsolidasi bersama," tuturnya.

Dalam pengoperasian trayek tol laut oleh swasta, pemerintah telah menyiapkan subsidi sebanyak Rp200 miliar.

Penyerahan pengoperasian sebagian trayek tol laut tersebut sebagai upaya pelibatan swasta dalam proyek-proyek pemerintah.

Tujuh trayek yang akan dioperasikan oleh swasta, di antaranya Trayek 7: Tanjung Priok - Enggano - Mentawai - Pulau Nias - Sinabang - Pulau Nias - Mentawai - Enggano - Tanjung Priok, Trayek 8: Tanjung Perak - Belang Belang - Sangatta - Nunukan - Sangatta - Belang Belang - Tanjung Perak, Trayek 9: Tanjung Perak - Kisar - Namrole - Gebe - Maba - Gebe - Namrole - Kisar - Tanjung Perak.

Kemudian, Trayek 10: Makassar - Tidore - Tobelo - Maba- Tobelo - Tidore - Makassar, Trayek 11: Makassar - Dobo - Merauke - Dobo - Makassar, Trayek 12: Makassar - Wassior - Nabire - Serui - Biak - Serui - Nabire - Wasior - Makassar dan Trayek 13: Tanjung Perak - Fakfak - Kaimana - Timika - Kaimana-Fakfak - Tanjung Perak.(exe/ist)


0 Komentar