Rabu, 10 Mei 2017 22:11 WIB

Jokowi Minta TNI dan PU Buka Daerah Terisolasi di Papua

Editor : Yusuf Ibrahim
Presiden Joko Widodo. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Joko Widodo minta TNI dan Kementerian Pekerjaan Umum terus mempertahankan kerja sama untuk membuka daerah terisolasi di Papua melalui pembuatan jalan trans-Papua.

"Saya kira kalau duet seperti ini dilakukan terus, ini akan mempercepat pembangunan jalan trans -Papua. Semua jalan trans Papua akan dikerjakan seperti itu sehingga ada percepatan pembangunan jalan trans," kata Jokowi di Kabupaten Jayawijaya, Papua, Rabu (10/05/2017).

Dari kunjungan kerja ke Jayawijaya untuk melihat jalan trans -Papua, kata Jokowi, medannya sangat berat untuk dikerjakan sendiri oleh Kementerian PU.

"Kalau kita lihat medan yang berada di ketinggian tiga ribu dua ratusan seperti ini, sangat sulit sekali, sehingga yang bisa masuk awal - awal memang TNI, nanti Kementerian PU menyusul untuk aspal," katanya.

Ia menjelaskan bahwa ruas jalan yang dikunjungi tadi, merupakan salah satu dari empat ribu tiga ratus kilometer trans -Papua yang dalam proses pengerjaan. 

"Sudah selesai tiga ribu delapan ratus kilometer, yang sudah dibuka, dan kita harapkan terbuka total 2019. Artinya sudah bisa dilewati, tetapi mungkin juga belum aspal," katanya.

Ia menambahkan bahwa khusus jalan trans -Papua dari Kabupaten Jayawijaya menuju Keneyam, Agats adalah sepanjang dua ratus delapan puluh tujuh kilometer.

"Dengan yang baru teraspal tiga puluh tujuh kilometer, tetapi ini akan terus dikerjakan," ujarnya.

Selain medan di Papua khususnya di pegunungan tengah yang banyak gunung - gunung, kata Presiden, persoalan yang dihadapi ketika membangun jalan adalah alat berat dan aspal, yang semuanya didatangkan dari luar kabupaten di pegunungan menggunakan pesawat.

"Bayangkan, membawa aspal ke sini seperti apa? Membawa alat - alat berat seperti apa? Untuk memulai itu. Bisa saudara - saudari membayangkan betapa sangat sulitnya. Baru membawa alat berat, belum membawa aspalnya," kata Jokowi.(exe/ist)


0 Komentar