Senin, 08 Mei 2017 11:07 WIB

DPR Pernah Usulkan TNI-Polri Jaga Lapas

Editor : Rajaman
Arsul Sani (dok/bili)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mengaku, pihaknya sudah pernah mengusulkan ke Menkumham agar lembaga pemasyarakatan (Lapas) juga dijaga pihak kepolisan dan TNI. Usulan ini, kata dia, lantaran seringnya para napi kabur dari Lapas.

"Sudah pernah disuarakan, bahkan tahun 2015 lalu Menkumham sudah menggagas untuk alih status anggota Polri dan atau TNI menjadi petugas Lapas, untuk atasi kekuarangan itu dengan petugas yang siap bertugas," ujar Arsul saat dihubungi, Senin (8/5/2017).

Menurut Arsul, keluhan dimunculkan Kemenkumham pun selalu sama, yakni faktor kelebihan kapasitas Lapas. Padahal, faktor kelebihan penghuni Lapas merupakan isu lama yang sudah menjadi catatan publik, jauh sebelum peristiwa kerusuhan di Lapas  Banceuy, Bandung dan Lapas Kerobokan Denpasar, Bali pada 2016.

"Soal kekurangan penjaga karena tidak berimbangnya rasio petugas lapas dengan napi harus dijaga dan diawasi ini sudah merupakan problem klasik, sudah lebih dari 10 tahun jadi masalah," katanya.

Justru, lanjut politikus PPP ini, yang ingin didengar masyarakat adalah solusi ditawarkan Kemenkumham mengatasi problem tersebut dibalik keterbatasan ada. 

"Nah dalam soal bagaimana problem klasik kekurangan sipir ini diatasi belum kelihatan ikhtiar yang jelas dari jajaran Lapas kita. Misalnya, mengembangkan kerjasama antara kementerian atau kelembagaan yang bersifat permanen antara Kemenkumham dan Polri," tandasnya.


0 Komentar