Senin, 08 Mei 2017 10:35 WIB

Kamu Kurang Vitamin, Kenali Lewat Anggota Tubuh

Editor : Hermawan
ilustrasi.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Diet sehat dan seimbang merupakan cara terbaik agar asupan vitamin dan mineral dalam tubuh tercukupi. 

Memang, melakukan tes darah bisa menjadi upaya memastikan asupan kedua zat itu. Namun, sebelum melakukannya Anda bisa terlebih dahulu memeriksa anggota tubuh semisal mata, kulit atau kuku. 

Berikut tanda kurang tidaknya asupan vitamin dan mineral yang bisa Anda periksa melalui anggota tubuh dan asupan makanan apa yang perlu terpenuhi, seperti dilansir Medical Daily. 



1. Mata bengkak
Saat bangun dan bercermin, Anda mungkin melihat mata Anda bengkak seperti habis menangis semalaman. Tahukah kalau mata bengkak merupakan tanda suplai yodium rendah di tubuh. 

Sebuah studi di tahun 2006 menemukan hubungan antara asupan yodium dan penyakit tiroid -- suatu kondisi yang dapat menyebabkan kelelahan, mata mem bengkak. Tanda lain defisiensi yodium adalah kulit kering, penambahan berat badan dan kuku yang rapuh.

Makanan yang bisa menyembuhkan: cranberries, yogurt, kentang, stroberi. 


2. Kulit pucat
Kulit pucat bisa menjadi pertanda Anda membutuhkan asupan vitamin B12. Kurangnya vitamin ini bisa menyebabkan kulit tak sehat dan meningkatkan rasa lelah. 

Makanan yang bisa menyembuhkan: ikan salmon, daging merah, sereal fortifikasi, yogurt dan keju swiss.


3. Rambut Kering
Rambut kering bisa menjadi indikator Anda kekurangan vitamin B7 atau biotin. Kadar biotin yang rendah bisa menyebabkan kuku rapuh dan rambut menipis. Suplemen vitamin dapat membantu memperbaiki kualitas rambut dan bahkan pengobatan diabetes.

Makanan yang bisa menyembuhkan: Telur, kacang almond dan jenis kacang-kacangan lain seperti kacang polong dan lainnya. 


4. Bibir pucat
Bibir pucat ditambah kulit yang juga pucat menjadi salah satu Anda mengalami anemia dan Anda membutuhkan lebih banyak zat besi dalam makanan. 

Selain itu, lebih sering mengalami demam dan pilek juga menjadi tanda kadar zat besi dalam tubuh yang rendah--kekurangan zat besi melemahkan sistem kekebalan tubuh. 

Makanan yang dianjurkan: Daging merah, makanan laut, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau gelap dan sereal fortifikasi. 


5. Gusi sering berdarah
Gusi yang sering berdarah bisa menjadi tanda kadar vitamin C dalam tubuh rendah. Kekurangan vitamin C terus menerus bahkan bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit kudis. Gejala kudis antara lain mudah memar, mudah mengalami pendarahan dan nyeri sendi serta otot.


Makanan yang dianjurkan: jeruk termasuk grapefruit, paprika merah, kale, brokoli, stroberi. 

 

 

sumber: antara


0 Komentar