Minggu, 07 Mei 2017 19:35 WIB

Bupati Simalungun Bantu Biaya Pedidikan Anak Pemulung ke ITB

Editor : Yusuf Ibrahim
Bupati Simalungun, JR Saragih. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Bupati Simalungun, JR Saragih, kembali menunjukan kepeduliannya dalam pembangunan pendidikan di Sumatera Utara, dengan membantu biaya pendidikan seorang anak pemulung di Kota Pematangsiantar, untuk melanjutkan pendidikan ke Institut Teknologi Bandung (ITB).

JR yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara itu membantu biaya pendidikan Gomos Parulian Manalu yang masuk ITB melalui jalur undangan tahun 2017 ini.

“Orangtua saya tidak mampu membiayai kuliah saya ke ITB, tapi berkat kepedulian pak JR kepada masyarakat miskin, mudah-mudahan keinginan saya merubah nasib hidup keluarga menjadi lebih baik setelah tamat kuliah nanti bisa tercapai, terima kasih Pak JR,” ujar Gomos, Minggu (07/05/2017) di Pematangsiantar.

Gomos akan menimba ilmu di Sekolah Tinggi Elektronika dan Informatika ITB Bandung Agustus 2017. 


Untuk menuju ke sana dirinya terkendala dengan persoalan biaya apalagi kedua orangtuanya hanyalah bekerja sebagai pemulung dan penjual roti.

"Keinginan aku masuk ke ITB Bandung selain ingin meningkatkan derajat orangtua sekaligus bisa menjadi contoh buat adik-adik aku dan anak-anak muda di Sumatera Utara kalau pengetahuan itu penting buat masa depan," ujar Gomos.

Sebelum menuju ITB Bandung, Gomos menjadi salah satu wakil dari tiga siswa SMA Unggulan Sel Nago Boti, Balige, untuk berangkat ke The National Aeronautics and Space Administration (NASA) di Amerika Serikat untuk menguji hasil riset mereka yakni Micro-Aerobic Fermentation In Space With Micro Gravity pada Januari 2016. 

Saat itu juga dirinya mencoba masuk University of Barkeley di Amerika. Namun gagal hingga akhirnya kembali ke tanah air dan ditawarkan untuk masuk perguruan tinggi negeri  melalui jalur undangan kemudian lulus di ITB.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Pemkab Simalungun, Mixnon Andreas Simamora yang mewakili Bupati JR Saragih, menemui Gomos di kediamannya Jalan Cemara, Kelurahan Kahean, Kecamatan Siantar Utara mengatakan, sangat disayangkan jika anak yang memiliki potensi untuk maju, tidak didukung, karena ketidakmampuan orangtuanya membiayai pendidikan.

“Pak JR Saragih akan membiaya pendidikan Gomos dengan dana pribadinya, karena melihat potensinya sangat besar menjadi orang yang bermanfaat bagi kepentingan bangsa dan negara serta keluarganya,” tandas Mixnon.

Karena itu begitu menerima informasi hambatan yang dihadapi Gomos dalam melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi ITB jurusan menurut Mixnon, Bupati Simalungun, JR Saragih langsung menyatakan kesediaannya membantu. (exe/ist)
 


0 Komentar