Jumat, 05 Mei 2017 12:50 WIB

Persiapan Asian Paragames Lebih Ditingkatkan

Editor : Yusuf Ibrahim
Raja Sapta Oktohari. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kemenpora melalui Sesmenpora, Gatot Dewa Broto, berharap persiapan Asian Paragames 2018 dapat lebih diintensifkan. 

Pasalnya, waktu penyelenggaraan pesta olahraga bagi penyandang disabilitas tersebut sudah semakin dekat. Praktis hanya tersisa waktu 18 bulan bagi INAPGOC (panitia penyelenggara Asian Paragames 2018) untuk mempersiapkan event.

Imbauan itu disampaikan Gatot saat membuka Rapat Koordinasi Komite Asian Paragames 2018 ke-3 di Hotel Menara Peninsula Jakarta, Kamis (4/5). Turut hadir Presiden APC Majid Rashed dan Ketua INAPGOC (panitia penyelenggara Asian Paragames), Raja Sapta Oktohari.

"Ini pertemuan yang sangat esensial. Sebagaimana yang dilakukan dalam tahapan persiapan penyelenggaraan Asian Games, dalam rangka mensukseskan Asian Paragames, kami dari pemerintah bersama dengan INAPGOC dan APC juga terus melakukan Rapat Korkom," kata Gatot.

"Dalam Korkom kali ini, INAPGOC bersama dengan APC akan mendiskusikan setiap aspek secara detail dan kritis. Mengingat waktu penyelenggaraan sudah semakin dekat, kami berharap APC dapat memberikan masukan-masukan agar kami bisa bekerja lebih cepat dan efektif. Kami siap menerima kritik dan masukkan, meskipun itu mungkin terasa menyakitkan. Karena yang terpenting adalah event ini dapat tersenggara tepat waktu dan sukses," imbuhnya.

Tunggu Inpres

Pada kesempatan yang sama, Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari menjelaskan materi yang dibahas dalam Korkom kali ini adalah materi-materi yang sudah disahkan pada Korkom ke-2 yang digelar Maret lalu. Meliputi  kesiapan venue, jumlah cabor yang akan dipertandingkan dan lainnya.

Okto mengakui ada sejumlah tantangan yang harus segera diatasi agar proses persiapan dapat berjalan dengan baik.

"Ada sejumlah tantangan yang harus kami atasi dalam rangka persiapan Asian Paragames 2018. Namun bekerja dengan penyandang disabilitas sungguh luar biasa. Mereka orang-orang hebat. Menginspirasi kami untuk melakukan hal-hal yang luar biasa di tengah keterabatasan waktu. Dan kehadiran Presiden APC dalam pertemuan kali ini membuat kami lebih bersemangat dan termotivasi," ujar Okto.

"Saat ini  kami bersama kementerian dan lembaga yang terlibat dalam proses persiapan penyelenggaraan, masih menunggu keluarnya Inpres sebagai landasan hukum. Namun hal itu tidak terlalu berpengaruh, kami terus bekerja," tandasnya.

Ditambahkan, sosialisasi Asian Paragames akan segera dilakukan di Jakarta dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada.

Sementara itu, Presiden APC Majid Rashed mengaku optimis Indonesia dapat menyelenggarakan Asian Paragames dengan baik dan tepat waktu.

"Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki sarana prasarana olahraga memadai. Baik untuk penyandang disabilitas maupun olahraga secara umum. Saya optimis bahwa Indonesia masih cukup waktu dan dengan sumber daya yang ada mampu menjadi penyelenggara, Asian Paragames 2018 akan sukses," tukasnya.(exe/ist)


0 Komentar