Jumat, 05 Mei 2017 07:16 WIB

Senator AS Larang Trump Sanjung Kim Jong-un

Editor : Eggi Paksha
Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Senator Amerika Serikat (AS), Cory Gardner, menyebut pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, sebagai maniak nuklir.

Dia minta Presiden Donald Trump tak menyanjung diktator muda Pyongyang itu. ”Saya pikir kebanyakan orang setuju bahwa Kim Jong-un melakukan pekerjaan yang mengacau,” kata Gardner dalam program “Morning Joe” MSNBC, hari Rabu.

”Ini adalah maniak salah satu rezim nuklir dunia, mencoba menjadi rezim nuklir,” ujar Gardner yang dilansir Kamis (04/05/2017). ”Kita seharusnya tidak berada dalam posisi menyanjung.”

”Kita seharusnya tidak berada dalam posisi menghormati Kim Jong-un dengan mengajaknya bercakap-cakap dengan Amerika Serikat sampai dia memenuhi kewajiban dan janji tersebut,” lanjut Senator Partai Republik ini mengacu pada kewajiban internasional Korut untuk menjamin perdamaian dengan tidak menggunakan senjata nuklir.

Komentar Gardner ini untuk mengkritik Presiden Trump yang blakblakan tertarik untuk melakukan pembicaraan langsung dengan Kim Jong-un setelah krisis nuklir Pyongyang memanas.

”Jika cocok, saya ingin bertemu dengannya, saya akan benar-benar merasa terhormat untuk melakukannya,” kata Trump kepada Bloomberg.

”Kebanyakan orang politik tidak akan pernah mengatakannya,” ujar Trump. ”Tapi saya memberitahu Anda dalam situasi yang tepat bahwa saya akan bertemu dengannya.Kami punya berita baru.”

Trump juga mengatakan dalam sebuah wawancara pada hari Minggu lalu bahwa Kim adalah sosok “pretty smart cookie”, pujian untuk menggambarkan sosok pria cerdas.

”Dan di usia yang sangat muda, dia dapat mengambil alih kekuasaan,” lanjut Trump. ”Banyak orang, saya yakin, mencoba meraih kekasaan itu, entah itu pamannya atau orang lain. Dan dia bisa melakukannya.”

Paman Kim, Jang Song-thaek, dieksekusi pada 2013 setelah dituduh bekerja sebagai musuh negara.(exe/ist))
 


0 Komentar