Kamis, 04 Mei 2017 14:39 WIB

Latihan Bersama Marinir Indonesia - Amerika Resmi Ditutup

Reporter : RB Siregar Editor : RB Siregar
Komandan Brigif-1 Marinir Kolonel Marinir I Made Sukada, tutup latihan bersama Marinir Indonesia – Amerika.(ian)

SITUBONDO, Tigapilarnews.com  - Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si (Han) yang diwakili Komandan Brigif-1 Marinir Kolonel Marinir I Made Sukada, S.E secara resmi menutup Latihan Bersama Marinir Indonesia – Amerika di Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (4/5/2017).
 
Upacara penutupan Latihan Bersama yang bertajuk Subject Matter Expert Exchange (SMEE) Amphibious Reconnaissance and Amphibious Raid dengan Komandan Satgaslat Letkol Mar Burhanudin tersebut dengan Komandan Upacara Kapten Marinir Yusuf Muchram Pribadi yang sehari-hari menjabat sebagai Perwira Seksi Personel (Pasipers) Yonif-5 Marinir.
 
Dalam amanatnya yang dibacakan Komandan Brigif-1 Marinir, Komandan Pasmar-1 mengatakan, Latihan Bersama antara Indonesia dan Amerika Serikat tersebut dilaksanakan  dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknik maupun taktik Raid Amfibi dan pengintaian pantai bagi prajurit Marinir kedua negara.
 
Siaran Pers Kors Mainir TNI-AL menjelaskan, selama empat hari melaksanakan latihan, lanjutnya, prajurit Marinir kedua negara telah berlatih bersama dalam suasana penuh persahabatan (marines brotherhood). Hal tersebut terlihat dengan adanya saling menghormati dan jalinan kesepahaman tentang prosedur taktik maupun teknik latihan, baik pada materi pengintaian pantai maupun pelaksanaan operasi raid amfibi.
 
“Pelaksanaan latihan tersebut sudah sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah digariskan dengan terwujudnya zero accident yang merupakan point utama dalam pelaksanaan latihan ini,” tegasnya.
 
Sebelum mengalhiri amanatnya Komandan Pasmar-1 menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada peserta latihan dan pendukung atas sumbangsih dan kerja kerasnya dalam pelaksanaan latihan. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Kapten USMC Vincent Thompson, Kapten USMC James Hoert, Kapten USMC Jason Hibler, dan Kapten USMC Tho Cho yang telah memberikan kontribusi dalam suksesnya latihan, dengan harapan latihan semacam ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga  akan meningkatkan hubungan baik kedua negarakhususnya Korps Marinir TNI AL dan US MARFORFAC.
 
Sementara itu Komandan Satgas Latma SMEE Letkol Mar Burhanudin mengatakan, Latihan Bersama Marinir Indonesia – Amerika, selain diikuti prajurit Marinir kedua negara juga melibatkan satu buah Heli Bell 412EP milik Skuadron Udara 400 Wing Udara 1 Puspenerbal dengan pilot Mayor Laut (P) Dany Widjanarko dan co pilot Lettu Laut (P) Yoshart.
 
“Latihan seperti ini sangat bermanfaat bagi Marinir kedua negara, selain dapat meningkatkan hubungan militer kedua negara juga untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknik maupun taktik Raid Amfibi dan pengintaian pantai bagi prajurit Marinir kedua negara,” pungkasnya.
 
Sementara itu, Kapten USMC Vincent Thompson menyampaikan ucapan terima kasih kepada prajurit Korps Marinir TNI AL yang telah bekerjasama dalam latihan yang berlangsung selama empat hari.
 
“Ini merupakan kebanggaan bagi kami dari US MARFORFAC bisa berlatih bersama dengan prajurit Korps Marinir TNI AL. Banyak pengalaman baru yang kami peroleh selama mengikuti latihan, kami berharap suatu saat nanti dapat berlatih kembali bersama kalian,” tegasnya.
 
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wadan Puslatpurmar-5 Baluran Mayor Marinir Kartika Wijaya, Pasiops Yonif-5 Mar Mayor Marinir A. Fauzi, Pasilog Kapten Marinir Herizal Nasrun, Pasi Intel Lettu Mar Yudi Alhudi dan Perwira di jajaran Yonif-5 Marinir.


0 Komentar