Rabu, 03 Mei 2017 22:10 WIB

Tol Pemalang-Batang Diupayakan Dilalui Pemudik

Editor : Eggi Paksha
Jalan Tol Pemalang-Batang. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah berusaha mengupayakan penggunaan jalan Tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang dapat dilalui oleh pemudik berkendaraan saat Lebaran mendatang.

"Pemerintah mengupayakan jalan tol Jakarta hingga Semarang sudah bisa dilalui pemudik pada Lebaran tahun ini," kata Sekertaris Daerah Provinsi Jateng, Sri Puryono saat melakukan kunjungan kerja melihat progres jalan Tol Pemalang Batang dan Batang-Semarang, di Batang, Rabu (03/05/2017).

Menurut dia, progres pembangunan jalan tol Batang-Semarang relatif cukup menggembirakan sehingga jalur bebas hambatan ini dapat dlintasi pemudik berkendaraan.

"Kita berdoa saja supaya cuaca betul-betul bersahabat. Mengenai masalah teknis konstruksi tidak ada persoalan, begitu cuaca bagus kerja dan sudah saya perintahkan kepada PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) kalau perlu jangan dua dan dilembur," katanya.

Mengenai permasalahaan pembebasan tanah yang masih menghambat pembangunan jalan tol baik tanah wakaf maupun tanah kas desa, kata dia, juga sudah diselesaikan dengan regulasi. 

"Permasalahaan tanah juga ada progres yang bagus karena ada regulasi yang sudah bisa diturunkan ke daerah yang tentunya tidak harus bertele-tele, apalaagi tanah kas desa itu kan dari pemerintah ke pemerintah," katanya.

Adapun mengenai permasalahaan tanah milik masyarakat, kata dia, sebenarnya tidak ada masaalah karena sudah ada kesepakatan harga melalui appraisal.

"Permasalahan pembebasan tanah memang ada. Beberapa tanah masyarakat yang sudah di konsinyasi ada 26 bidang dan 10 bidang sudah selesai," katanya.

Ia mengatakaan jalur tol Batang-Semarang, khususnya jalan Batang hingga Kandeman diperkirakan sudah dapat dilintasi kendaraan mulai 31 Mei 2017. 

Adapun untuk tempat peristirahatan (rest area) jalan Tol Pemalang-Batang, kata dia, akan disiapkan dua lokasi tempat.(exe/ist)


0 Komentar