Kamis, 27 April 2017 19:31 WIB

Pemerintah Harap Pemilu Serentak Jamin Presiden Terpilih

Editor : Rajaman
Tjahjo Kumolo (ist)

YOGYAKARTA, Tigapilarnews.com - Pemerintah mengharapkan pemilu serentak 2019 dapat menjamin program-program presiden terpilih dapat dilaksanakan selaras oleh kepala daerah terpilih hasil pemilu tingkat I dan II.

"Diharapkan dengan pemilu serentak ini, ada penyelarasan program strategis nasional, di mana program seorang presiden terpilih dijamin bisa dilaksanakan gubernur, bupati, walikota terpilih," ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo seusai memberikan sambutan dalam Seminar Nasional XXVII Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) bertema Pemilu Serentak 2019, di Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Kamis (27/4/2017).

Tjahjo mengatakan tujuan pemilu serentak adalah menciptakan sinergitas, konektivitas, serta penyelerasan program terpadu, termasuk dalam hal fungsi pengawasan, budget, dan legislasi yang harus dilaksanakan dengan baik oleh DPR dan DPRD.

Dia menekankan melalui pemilu serentak tingkat partisipasi masyarakat harus lah maksimal.

"Maka Undang-Undang Pemilu yang direvisi ini harus memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa hak pilihnya itu dijamin secara demokratis oleh undang-undang," jelas dia.

Selain itu, revisi juga harus memastikan netralitas aparatur sipil serta tidak adanya praktik politik uang dan menghilangkan segala bentuk ancaman pemilu.

"Kalau seluruh hal itu terwujud maka dengan pemilu serentak ini harus pula terwujud hubungan tata kelola pusat dan daerah yang efektif, efisien, taat pada hukum, mempercepat proses reformasi birokrasi, termasuk reformasi bidang politik yang ujungnya untuk penguatan otonomi daerah," ujar dia.

sumber: antara


0 Komentar