Senin, 24 April 2017 19:01 WIB

JICT Catat Sejarag Layani Kapal Raksasa Prancis

Editor : Rajaman
Kapal kargo raksasa CMA CGM Otello (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - PT Jakarta International Container Terminal (JICT) mencatat babak baru pada tahun 2017 setelah sukses melayani kapal terbesar milik perusahaan pelayaran Prancis, Compagnie Maritime d'Affretement - Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM) Otello, di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Kapal-kapal CMA-CGM merupakan yang terbesar yang pernah singgah sepanjang sejarah berdirinya Tanjung Priok," ujar Direktur Utama JICT, Gunta Prabawa, dalam siaran pers di Jakarta, Senin (24/4/2017).

Sebelumnya, 2 unit kapal berukuran raksasa lainnya yakni CMA CGM Titus dan Tancredi juga sukses dilayani dengan cepat dengan tingkat produktivitas pelabuhan di JICT, yakni 27-30 Mph (gerakan per jam).

Menurut Gunta, kunjungan kapal terbesar itu menandakan era baru kapal-kapal yang akan singgah di Priok sekaligus menandakan kesiapan JICT dalam menyediakan layanan pelabuhan kelas dunia.

"JICT bersama pihak terakait pelabuhan melakukan tugasnya dengan baik sehingga perusahaan pelayaran global mempercayakan kapalnya dilayani di sini. Sudah pasti respon terminal untuk memberikan yang terbaik," kata Gunta.

Kapal CMA-CGM Otello memiliki panjang 334 meter dan melakukan bongkar muat petikemas sebanyak 1.551 TEUs.

Menurutnya CMA-CGM telah sepakat menjalin kerja sama dengan PT JICT dengan membuka layanan baru, yakni dengan nama Java South East Asia Express Services/ Java SEA Express Services/ JAX Services.

Layanan dengan jadwal satu kali setiap minggu ini akan melayani rute Pelabuhan Tanjung Priok ke West Coast (Los Angeles & Oakland) Amerika Serikat.

"Layanan perdana JAX Services telah dilakukan pada 9 April 2017 dengan kapal CMA-CGM Titus. Diharapkan eksportir dan importir di tanah air dapat mengoptimalkan layanan ini," ujar Gunta.

sumber: antara


0 Komentar