Sabtu, 22 April 2017 08:26 WIB

Tembakan Kehormatan Tandai Bertambahnya Usia Ratu Elizabeth

Editor : Yusuf Ibrahim
Ratu Elizabeth. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ratu Elizabeth, ratu tertua dan terlama di dunia, merayakan Ulang tahun ke-91 dengan gaya sederhana pada Jumat (21/04/2017).

Tembakan kehormatan dari Hyde Park dan Tower Bridge, London menandai bertambahnya usia sang ratu, yang biasanya merayakan ulang tahun secara pribadi dan tidak formal.

Elizabeth lahir pada 21 April 1926 di Bruton Street, pusat kota London, saat Calvin Coolidge menjabat Presiden A.S. dan Joseph Stalin baru saja mengambil kendali Uni Soviet. Ia dinobatkan sebagai ratu pada tahun 1952 saat usianya 25 tahun.

Meski lanjut usia, dia tetap rutin tampil dalam acara-acara resmi meskipun telah mengurangi sejumlah peran dalam beberapa tahun terakhir, dan mulai menyerahkan sebagian tanggung jawabnya kepada anggota keluarga Windsor lainnya seperti kepada putranya dan pewarisnya pangeran Charles serta kepada cucunya, pangeran William dan Harry.

Jajak pendapat menunjukkan bahwa dia tetap sangat populer di kalangan warga Inggris, pembantu kerajaan mengatakan bahwa hanya ada sedikit kemungkinan ia turun tahta.

Saat ditanya tentang kondisi kesehatannya, ketika ia melakukan kunjungan ke Irlandia Utara tahun lalu, ratu menjawab "yah, saya masih hidup", dengan bercanda.

Ratu Inggris memiliki acara ulang tahun resmi pada Juni yang terbuka untuk umum. Ditandai dengan parade besar tentara melewati pusat kota London yang juga dikenal sebagai parade Trooping the Color.(exe/ist)


0 Komentar