Rabu, 19 April 2017 21:19 WIB

Juventus Bocorkan Taktik Tampil di Camp Nou

Editor : Eggi Paksha
Daniel Alves. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Barcelona kembali membutuhkan keajaiban saat menjamu Juventus di leg kedua perempat final Liga Champions 2016/2017.

Pada laga tersebut, Barcelona mengemban misi mengejar defisit tiga gol. Misi tersebut menjadi harga mati bagi Barcelona mengingat anak asuh Luis Enrique takluk 0-3 di markas Juventus pada pertandingan leg pertama, Rabu (12/4/2017 lalu.

Pada saat itu, dua gol diborong Paulo Dybala sementara satu gol lain dibuat Giorgio Chiellini. Mampukah Barcelona mengejar defisit tiga gol pada laga yang berlangsung Kamis (20/4/2017) dini hari WIB?

Skuat El Barca memiliki catatan comeback yang luar biasa di kompetisi Eropa. Pada musim  1977/1978 mereka pernah membalik keadaan usai kalah 0-3 dari Ipswich Town. 

Pada musim 1985/1986 Barcelona kembali membuat kejutan dengan memenangkan pertempuran menghadapi klub Swedia, Gothenberg. Pada laga tersebut, Barcelona lebih dulu tertinggal 0-3. 

Yang teranyar, Barcelona sukses mengalahkan Paris Saint Germain (PSG) setelah tertinggal 0-4 di leg pertama. Tim asal Catalan kemudian secara dramatis memenangkan leg kedua dengan skor 6-1. Barcelona kemudian lolos dengan agregat 6-5 di Estadio Camp Nou. 

Sejak saat itu, Estadio Camp Nou disebut-sebut sebagai stadion yang memiliki daya magis. Barcelona juga diyakini mampu memenangkan pertandingan krusial yang sulit selama mereka tampil di kandang sendiri.  

"Kuncinya adalah untuk tidak kebobolan. Tujuan kami untuk mencetak lima gol di pertandingan nanti," kata pelatih Barcelona, Luis Enrique saat konferensi pers jelang laga. 

"Baru-baru ini juga banyak hasil bagus di kandang. Comeback dari PSG juga merupakan statistik yang mengundang optimisme," lanjut sang pelatih. 

Kubu Juventus merespon dengan membocorkan taktik mereka. Mantan bek sayap Barca yang kini membela Si Nyonya Tua, Daniel Alves, mengaku timnya tidak akan bertahan di Estadio Cam Nou. Menurutnya, dalam kondisi unggul tiga gol, menyerang merupakan cara bertahan yang paling efektif. 

"Kami harus menjaga keunggulan ini. Di saat yang sama tim juga perlu menemukan cara mencetak setidaknya satu gol pada pertandingan nanti," kata Alves. 

Empat pemain penting Barcelona harus waspada karena mereka terancam absen di pertandingan selanjutnya apabila mendapat kartu kuning. Mereka adalah Neymar Jr, Pique, Rakitic dan Suarez. Sementara di kubu Juventus Cuadrado, Mandzukic dan Khedira juga bernasib serupa.(exe/ist)

susunan pemain

Barcelona: Ter Stegen; Mascherano, Pique, Umtiti; Rakitic, Busquets, Iniesta, Sergi Roberto; Messi, Luis Suarez, Neymar.

Juventus: Buffon; Dani Alves, Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Pjanic, Khedira; Cuadrado, Dybala, Mandzukic; Higuain.


0 Komentar