Senin, 17 April 2017 13:31 WIB

Pembangunan Industri Pabrik Harus Sejahterakan Masyarakat

Editor : Rajaman
Kunjungan Komisi IV DPR ke Pabrik di Kedeng (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pembangunan industri pabrik semen di daerah Kendeng, Jawa Tengah, harus mampu dan benar-benar menyejahterakan masyarakat setempat tidak hanya mencari laba semata-mata.

Ketua Komisi IV DPR Edhy Prabowo mengemukakan, pihaknya akan melihat secara jelas apa yang dialami terkait kontroversi pabrik semen tersebut.

Sebelumnya, Komisi IV DPR dipimpin Edhy, juga telah melakukan kunjungan ke pabrik semen yang selama ini telah menjadi kontroversi di tengah masyarakat pada 13 April lalu.

"Kami di DPR akan meninjau ini dari sisi aturan. Kita semua di sini akan menjalani ini tanpa tebang pilih, tanpa berpihak ke mana," kata Edhy dalam keterangan pers, Senin (17/4/2017).

Edhy menegaskan, setelah membuat kondisi yang sebenarnya terjadi di lapangan, Komisi IV akan membuat keputusan sesuai dengan aturan perundang-undangan berlaku.

Dia menegaskan, semangat pembangunan infrastruktur negara di mana pun harus bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat sebesar-besarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV Herman Khaeron juga ikut berkunjung, mengingatkan, Pasal 33 ayat 2 UUD 1945 mengamanatkan bumi, air serta kekayaan alam terkadung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Herman juga menekankan, industrialisasi harus menyejahterakan rakyat sehingga pemerintah juga diminta benar-benar menjadikan kesejahteraan dan pembangunan seperti dua sisi mata uang tidak bisa terpisahkan.

"Menurut kami tidak ada jalan buntu, bisa dua duanya ditempuh, pabrik ini sebagai aset negara tetap berjalan, tetapi hak-hak masyarakat, harapan masyarakat, meskipun belum sepenuhnya, tapi bisa disentuh dan dipenuhi harapan itu. Dan ini adalah sangat situasional bagi kami," ujarnya.

Ia menegaskan selama pembangunan itu telah mematuhi aturan perundang-undangan berlaku maka pihaknya juga akan memberikan apresiasi dan dorongan.

Namun, lanjutnya, bila ternyata pada sejumlah sisi tertentu terdapat aturan perundang-undangan yang dilanggar maka pihaknya juga dapat bersikap tegas untuk itu.

Putuskan yang terbaik, pembangunan tidak boleh berhenti, rakyat juga diakomodir harapan dan keinginannya, harus dijauhkan dari hal yang tentu membuat rakyat tidak mengerti sesungguhnya atau membingungkan rakyat," paparnya.

sumber: antara


0 Komentar