Minggu, 16 April 2017 19:39 WIB

Ahmadinejad Komentari Sikap Agresif Trump

Editor : Yusuf Ibrahim
Mahmoud Ahmadinejad. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Mantan Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, menyatakan tidak ada yang perlu ditakuti dari Amerika Serikat (AS).

Dia menyebut Iran adalah negara besar dan kuat, sehingga seharusnya tidak takut pada negara manapun, terlebih AS. 

Dalam sebuah wawancara dengan media Iran, Ahmadinejad menyatakan, serangan rudal yang dilakukan AS di Suriah bukanlan sebuah pesan khusus bagi Iran. Karena itu, lanjut Ahmadinejad, Iran tidak usah panik atau bereaksi berlebihan terhadap serangan tersebut.

"Saya tidak berpikir serangan itu mengandung pesan untuk Iran. Iran adalah negara yang kuat dan orang-orang seperti (Donald) Trump atau administrasi AS tidak bisa menyakiti Iran," ucap Ahmadinejad, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (16/4).

Dia kemudian mengomentari sikap agresif yang ditujukan oleh Trump. Dia berpandangan sikap yang ditujukan oleh Trump tidak lebih dari sikap politik yang harus diambil pengusaha nyentrik tersebut.

"Jika dia berbahaya, ia tidak akan memiliki aset senilai USD 70 miliar. Namun, ia tidak memiliki pilihan selain untuk memainkan peran tersebut," sambung pria yang kembali mencalonkan diri sebagai Presiden Iran itu.

Ahmadinejad, dalam wawancara itu juga menyatakan, mendukung penuh kesepakatan nuklir dengan kekuatan dunia. Kesepakatan itu memungkinkan Iran untuk kembali ke pasar internasional dalam pertukaran, dengan balasan membatasi program senjata nuklirnya.

"Kesepakatan nuklir adalah sebuah dokumen hukum dan perjanjian. Di Iran, para pejabat dan pemimpin tertinggi telah menyetujui itu dan menyatakan komitmen mereka untuk itu," katanya.

"Masalah tentang kesepakatan nuklir adalah bagaimana mereka diiklankan. Kedua belah pihak telah mewakili itu sedemikian rupa seolah-olah itu dapat memecahkan semua masalah sejarah manusia. Itu tidak benar," tukasnya.(exe/ist)


0 Komentar