Kamis, 13 April 2017 23:07 WIB

Jalur Puncak-Cianjur Padat Lancar

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi polisi amankan Jalur Puncak-Cianjur. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menjelang libur panjang akhir pekan, Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, padat lancar, meskipun di sejumlah titik rawan kemacetan sempat terlihat antrian kendaraan dengan laju kendaraan tersendat.

Antrian kendaraan terlihat di pertigaan Hanjawar, Pertigaan Kebun Raya Cibodas, Pasar Cipanas dan Jalan Raya Pasekon, dimana disepanjang jalur tersebut terdapat tempat wisata, hotel dan rumah makan yang menjadi tempat favorit wisatawan, sehingga arua kendaraan yang keluar masuk menjadi faktor terjadinya antrian.

Kabag Ops Polres Cianjur, Kompol Hilman di Cianjur, Kamis, mengatakan, meskipun saat ini Jalur Puncak-Cianjur masih normal dan tergolong lancar, namun menjelang sore pihaknya menyiagakan ratusan anggota guna mengantisipasi terjadinya lonjakan kendaraan pendatang yang hendak menghabiskan libur panjang di wilayah tersebut.

"Hingga sore menjelang arus kendaraan yang memasuki wilayah hukum Cianjur, tepatnya di Jalur Puncak hingga Cianjur, masih normal dengan laju kendaraan sedang, meskipun disejumlah titik seperti pertigaan dan pusat keramaian di kawasan Cipanas terlihat antrian namun tidak terus memanjang," katanya.

Meskipun belum dapat memprediksi lonjakan kendaraan yang masuk ke wilayah tersebut, namun pihaknya telah menyiagakan anggota satuan laluintas di sejumlah titik seperti Pertigaan Hanjawar, Kebun Raya Cibodas, Pasar Cipanas dan Jalan Raya Pasekon, dimana di jalur tersebut kerap terjadi antrian kendaraan.

"Saat ini antrian yang terjadi karena keluar masuknya kendaraan dari tempat wisata, hotel atau rumah makan, sehingga arus lalulintas tersendat, namun hanya beberapa menit tidak sampai memanjang. Perkiraan kami menjelang malam ini, volume kendaraan akan meningkat," katanya.

Sementara sejumlah pendatang yang hendak menghabiskan libur panjang di kawasan berhawa pegunungan itu, mengeluhkan panjang dan lamanya terjebak kemacetan di wilayah hukum Bogor, dimana untuk sampai ke wilayah Puncak-Cipanas, rata-rata pengendara menghabiskan waktu hingga 5 jam.

"Lewat dari Gunung Mas-Puncak, Bogor, arus kendaraan lancar. Tapi dari keluar Tol Ciawi sampai ke Cipanas, harus sabar selama 5 jam karena macet dijalur tersebut. Niatnya mau liburan di Cipanas-Puncak, berapa jam pun yang penting sampai karena tidak ke Puncak kalau tidak terjebak kemacetan," kata Edi Rusdy (39) pendatang asal Jakarta Timur.

Dia dan sejumlah pedatang lainnya, berharap ada solusi kemacetan yang terjadi di Jalur Puncak tersebut, agar berlibur ke Puncak-Cipanas, tidak perlu waktu berjam-jam untuk sampai yang biasa dapat ditempuh dalam waktu satu jam dari pintu Tol Ciawi.(exe/ist)


0 Komentar