Rabu, 12 April 2017 09:02 WIB

Unila Terapkan Tes Hafiz Al Quran dan Prestasi Tingkat Nasional

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi mahasiswa. (foto isimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Universitas Lampung (Unila) akan menerima sebanyak 5.000 mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2017-2018 yang pendaftarannya hingga 5 Mei mendatang.

"Kita telah membuka pendaftaran untuk calon mahasiswa baru, yang dibuka hingga 5 Mei sampai pukul 00.00 WIB," Wakil Rektor I (Bidang Akademik) Unila, Prof Bujang Rahman, di Bandarlampung, Selasa.

Dia mengatakan, saat ini Unila juga sudah membuka jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota sebanyak 2.379 calon mahasiswa.

"Kategori tes akan dilakukan melalui tes tertulis dan komputer, dengan ketersediaan komputer yang ada sebanyak 320 unit," kata dia.

Khusus untuk jalur mandiri tahun ini ada yang berbeda yakni, peserta harus hafal Al Quran minimal 10 juz atau memiliki prestasi minimal tingkat nasional, baik itu bidang olahraga atau pun seni.

"Mereka yang hafiz Al Quran minimal 10 juz dan pernah menjuarai bidang olahraga atau seni budaya tingkat nasional dipastikan diterima di Unila," kata dia.

Ia melanjutkan, bahwa nantinya calon mahasiswa mandiri akan tetap dikenakan tes. Jadwal jalur mandiri akan dibuka pada Juni 2017, dengan penerimaan sebanyak 786 mahasiswa baru.

Lebih lanjut dia mengatakan, Unila memberlakukan persyaratan tersebut kepada mahasiswa baru, agar memiliki ahlak yang baik dan bukan hanya pintar secara akademik.

Sementara itu, untuk naskah soal jalur mandiri dibuat langsung oleh Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) wilayah Barat.

"Nanti soal ujian mandiri bagi kampus di wilayah barat itu sama soalnya. Dengan harapan adanya badan yang baru ini bisa memetakan mutu pendidikan," katanya.

Menurutnya, hingga saat ini sudah ada 17 kampus yang telah bergabung di BKS-PTN tersebut.(exe/ist)


0 Komentar