Selasa, 04 April 2017 11:59 WIB

Kemenhub Segera Tetapkan Lokasi Bandara di Pandeglang

Editor : Hendrik Simorangkir
Ilustrasi

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Kementerian Perhubungan tengah melakukan proses pembangunan Bandara Pandeglang, Banten. Upaya terus dilakukan salah satunya melakukan proses Penetapan Lokasi (Penlok).  

Proses penetapan lokasi ini dilakukan oleh tim dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dengan mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan No PM 20 tahun 2014 tentang Tata cara dan prosedur penetapan lokasi bandar udara.

Diharapkan proses penlok ini bisa selesai dalam satu bulan ke depan sehingga pembangunan bandara bisa dilakukan secepatnya.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso, rencana pembangunan bandar udara baru di Kabupaten Pandeglang sudah masuk dalam Peraturan Presiden No 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Menurut Agus, Bandara Pandeglang nantinya bisa mendukung Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

"Jarak dua bandara itu nantinya tidak terlalu jauh. Bandara Pandeglang bisa dikembangkan untuk menampung penerbangan kargo dan pesawat-pesawat yang RON (remain overnight/ menginap) di Bandara Soekarno Hatta. Dengan demikian Bandara Pandeglang bisa membantu mengembangkan industri di daerah sekitarnya dan Bandara Soekarno Hatta bisa dikembangkan lagi sebagai hub utama Indonesia," ujar Agus, Selasa (4/4/2017). 

Sementara, Bupati Pendeglang, Irna Narulita telah menawarkan lokasi bandara baru Pandeglang yang terletak di Kecamatan Sobang.

Menurutnya, Pemkab Pandeglang sudah meminta izin kepada Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup untuk menggunakan lahan Perhutani di Pandeglang.

"Ibu Menteri KLH sudah memberi izin penggunaan lahan Perhutani seluas lebih dari 540 hektar untuk lokasi bandara," kata Irna. 

Irna menjelaskan, seluruh kekuatan dari Kabupaten Pandeglang akan dikerahkan untuk menyukseskan terwujudnya Bandara Pandeglang ini.

Terutama dalam hal pembebasan lahan untuk akses transportasi dari dan menuju bandara. Hal ini karena dengan terbangunnya Bandara Pandeglang akan mampu meningkatkan perekonomian Kabupaten Pandeglang.

"Rencananya untuk akses transportasi dari dan ke bandara akan dibuatkan jalan tol dan reaktifasi jalur kereta api di Pandeglang," jelas.

Diketahui, Kabupaten Pandeglang mempunyai keunggulan dalam hal agrobisnis, agrowisata dan agromaritim.


0 Komentar