Selasa, 14 Maret 2017 07:39 WIB

Duterte Akan Tegaskan Kedaulatan Filipina di Laut China Selatan

Editor : Yusuf Ibrahim
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, dilaporkan telah memerintahkan jajarannya untuk membangun sebuah "pagar" di kawasan Laut China Selatan.

Pembangunan ini dilakukan untuk menegaskan kedaulatan Filipina atas kawasan tersebut. Perintah pembangunan "pagar" ini muncul setelah semakin seringnya kapal patroli China memasuki kawasan Laut China Selatan yang masuk ke dalam wilayah Filipina.

"Instruksi Duterte adalah untuk meningkatkan patroli Angkatan Laut di daerah itu dan memasang struktur untuk mengatakan ini adalah milik kita. Kami khawatir, mereka tidak punya kepentingan untuk pergi ke wilayah itu," kata Menteri Pertahanan Filipina, Delfin Lorenzana, seperti dilansir Reuters pada Senin (13/3).

Kementerian Luar Negeri China sendiri sejatinya telah angkat bicara mengenai patroli di wilayah perairan Filipina tersebut. Menurut kementerian itu, kapal-kapal itu melakukan pelayaran sesuai kebebasan normal navigasi dan hak lintas damai.

Terkait penjelasan China, Lorenzana mengatakan, ia menerima penjelasan tersebut. Meski demikian, ia mengaku tetap khawatir, mengingat manuver yang dilakukan oleh kapal-kapal tersebut. 

Lorenzana menjabarkan, kapal-kapal China itu memang hanya berpatroli di sepanjang garis perairan Filipina. Namun, kapal-kapal itu kerap berhenti untuk waktu yang lama, seolah-olah sedang mengamati sesuatu.

Dia menambahkan, masalah ini akan dibahas secara khusus dalam pertemuan Dewan Keamanan Filipina, yang rencananya akan digelar pada Senin malam.(exe/ist)


0 Komentar