Jumat, 10 Maret 2017 07:17 WIB

Djarot Sebut Isu SARA Sudah di Luar Batas Demokrasi

Editor : Yusuf Ibrahim
Djarot Saiful Hidayat. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Wakil Gubernur DKI Jakarta (nonaktif), Djarot Saiful Hidayat, menyesalkan isu SARA masih mewarnai pelaksanaan pemilihan kepala daerah putaran kedua yang akan berlangsung di DKI Jakarta pada 19 April 2017.

"Jangan sampai gunakan isu SARA, tidak baik, kan masih juga terjadi," katanya pada wartawan saat ziarah di makam mantan Presiden Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar, Jawa Timur, Kamis (09/03/2017) malam.

Ia mengaku prihatin dengan masih adanya yang memanfaatkan isu SARA dalam pilkada ini. Selain itu, banyak beredar di jejaring sosial berbagai meme yang isinya ajakan untuk menolak memilih pasangannya, Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok.

Beragam meme itu menjadi viral di jejaring sosial. Menurut dia, adanya beragam isu yang bahkan menjadi viral itu merupakan salah satu bentuk kebebasan yang sudah di luar batas demokrasi.

"Inilah sebetulnya kebebasan di medsos (media sosial), kalau menurut saya di luar batas-batas demokrasi, makanya saya datang ke makam Bung Karno ingin mengambil spiritnya. Saya ke ibu saya ambil spirit sambil berdoa, ke bapak juga berdoa," katanya.

Mantan Wali Kota Blitar itu mengatakan, dunia politik, salah satunya di Jakarta saat ini masih dalam proses pendewasaan dalam berdemokrasi. Padahal setiap warga mempunyai kesempatan yang sama, hak yang sama maupun kewajiban yang sama dalam pilkada ini. 

Ia pun berharap masyarakat lebih cerdas dan tidak terjebak dalam isu SARA. Harusnya, masyarakat lebih melihat pada kinerja calon serta komitmennya dalam memimpin suatu daerah.

"Untuk sekarang, bagaimana dalam proses transisi demokrasi di Jakarta ada kedewasaan, jangan sampai menggunakan isu sara. Harusnya lihat kapasitasnya, track record, kinerjanya, komitmennya, seperti itu," tegasnya. 

Djarot datang dengan istri serta sejumlah rekan dan langsung menuju makam Bung Karno. Mereka melakukan doa bersama serta menaburkan bunga di makam.

Setelah kegiatan itu selesai, mereka langsung meninggalkan makam dan menuju rumah, bertemu dengan kerabat. 

KPU DKI Jakarta telah menetapkan pasangan calon yang akan melaju di pilkada putaran kedua. Dua pasangan calon yang kembali akan bertarung adalah Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Pilkada putaran kedua akan berlangsung pada 19 April 2017.(exe/ist)


0 Komentar