Kamis, 09 Maret 2017 11:51 WIB

BNN Musnahkan 40,5 Kilogram Sabu

Editor : Hermawan
Ilustrasi.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan 40,5 kilogram shabu dan 44.387 butir ekstasi dari empat kasus yang berbeda.

"Pengungkapan kasus pertama, yaitu ekstasi dari Jerman. Pada awalnya petugas Bea dan Cukai Pasar Baru mendapatkan barang sitaan berupa dua paket berisi kotak makanan dari Jerman yang di dalamnya terdapat ekstasi sebanyak 49.447 butir," kata Kepala BNN, Komjen Budi Waseso (Buwas) di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (9/3/2017).

Kasus kedua, penangkapan yang dilakukan terhadap tersangka MA yang merupakan nakhoda kapal di perairan Pulau Pramuka Kepulauan Seribu, pada Kamis (2/2/2017).

"Dari tangan tersangka, petugas menyita shabu seberat 13.592 gram. Dari keterangan Arsyad, shabu tersebut akan diserahkan ke SBK. Selanjutnya dilakukan penangkapan terhadap SBK di kawasan Muara Angke, Jakarta Utara," kata Komjen Buwas.

Setelah ditangkap SBK berusaha melarikan diri dan melawan petugas, sehingga dihadiahi timah panas hingga tewas saat perjalanan menuju rumah sakit, katanya.

"Selanjutnya kasus ketiga, BNN, BNN Provinsi Kalimantan Barat dan Kanwil Direktorat Bea Cukai Kalimantan Barat mengamankan enam orang tersangka dengan barang bukti 20.100 gram yang berasal dari Malaysia, Sabtu (4/2/2017)," ujar Komjen Buwas.

Petugas mengamankan BW alias Planet dan HEN yang membawa shabu dalam mobilnya seberat 20,1 kilogram. Selanjutnya, petugas mengamankan GV dan NOT sebagai pihak yang akan menerima barang.

Berdasarkan hasil pemeriksaan pada empat tersangka yang telah diamankan, didapatkan keterangan bahwa mereka dikendalikan oleh dua orang yaitu DD dan SAP. Keduanya diketahui merupakan penghuni Rutan Kelas II A Pontianak.

"Kemudian untuk kasus keempat BNN Jakarta Timur melakukan penangkapan terhadap seorang pria bernama HWY di sebuah kos di daerah Utan Kayu Selatan, Jakarta Timur, Jumat (24/2/2017) di tempat kejadian petugas menyita shabu seberat 6.943 gram,” tandas Komjen Buwas.

Dari barang bukti yang dimusnahkan shabu dan ekstasi tersebut, BNN setidaknya telah menyelamatkan lebih dari 247 ribu anak bangsa dari penyalahgunaan narkoba, katanya.

 

[antara]


0 Komentar