Sabtu, 04 Maret 2017 08:23 WIB

“Diplomasi Selfie” Raja Saudi Jadi Sorotan Dunia

Editor : Eggi Paksha
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, jarang selfie maupun tampil di media sosial di negaranya.

Namun, ketika melakukan kunjungan ke Indonesia, Raja Salman melayani selfie sejumlah politisi. Fenomena “diplomasi selfie” Raja Salman di Indonesia ini menjadi sorotan sejumlah media asing, salah satunya Reuters. 

Kesediaan Raja Salman untuk selfie dengan sejumlah politisi menjadi cerita lain, di balik kunjunganya yang disertai kemewahan dan sambutan luar biasa dari publik Indonesia.

Ketika makan siang di Istana Bogor, Raja Salman muncul di video blog atau vlog Presiden Joko Widodo (Jokowi). Video berisi kesan Raja Salman terhadap rakyat Indonesia itu telah di-share massal ketika pertama kali muncul di Facebook.

Di video tersebut, Raja Salman tampak sedang menikmati sup. ”Saya sangat senang berada di sini, di Indonesia dan dengan orang-orang Indonesia,” kata Raja Salman di depan kamera, yang ditemani penerjemah di sampingnya.

Raja Salman juga melayani selfie dengan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani, yang merupakan anggota dari kabinet Jokowi.

Layanan selfie Raja Salman mendapat perhatian khusus publik Indonesia tak lepas dari tingginya jumlah pengguna media sosial—Facebook dan Twitter—di Tanah Air.

Tak hanya di Indonesia, Raja Salman ketika berkunjung ke Malaysia juga melayani selfie dengan Perdana Menteri Najib Razak. Foto selfie mereka telah diunggah di akun Twitter PM Najib yang juga mendapat respons yang luas.

Selfie saya dengan Raja Salman, penjaga dari Dua Masjid Suci! Persahabatan yang amat akrab,” tulis Najib di akun Twitter-nya, @NajibRazak.

Setelah di Jakarta, Raja Salman dan rombongannya dijadwalkan berlibur di Bali, di mana sekitar empat hotel dan 300 mobil mewah telah dipesan selama lebih dari seminggu.

Raja Salman nantinya juga akan berkunjung ke Brunei, China, Jepang, Maladewa dan Yordania.(exe/ist))


0 Komentar