Jumat, 03 Maret 2017 15:39 WIB

Pengerjaan Fase Kedua Rute HI - Ancol, PT MRT Teken Nota Kesepahaman dengan Jaya Ancol

Reporter : Evi Ariska Editor : RB Siregar
Pengerjaan fase kedua rute Bundaran HI – Ancol Timur rencananya dimulai tahun 2019.(ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (NKB) PT MRT Jakarta dengan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Hal itu  terkait pengerjaan fase kedua  rute Bundaran HI – Ancol Timur yang rencananya dimulai tahun 2019. 

“Kerjasama kedua BUMD DKI Jakarta ini merupakan wujud  sinergi yang sangat baik untuk meningkatkan fasilitas masyarakat, termasuk akses masyarakat menuju kawasan Ancol, supaya lebih mudah dan terjangkau," kata Presiden Direktur MRT Jakarta, William Sabandar di Balaikota DKI, Jumat (3/3/2017).

William menuturkan, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. akan memberikan alokasi lahan kepada MRT Jakarta untuk pengembangan stasiun dan depo di kawasan tersebut untuk pengerjaan fase kedua, dengan rute Bundaran HI ke Ancol Timur. 

"Perluasan wilayah ini akan mendukung perubahan gaya hidup menggunakan transportasi publik dan memberikan manfaat sebesarnya bagi masyarakat Jakarta dan wilayah penyangga,” ungkap William.

Provinsi DKI Jakarta berupaya mewujudkan sarana transportasi cepat massal atau Mass Rapid Transit (MRT) yang akan menjadi salah satu solusi mengurai kemacetan lalu lintas di Jakarta. 

Pasca tinjauan Presiden Joko Widodo ke Stasiun MRT Jakarta di Setiabudi, 23 Februari  lalu, secara garis besar pengerjaan MRT Jakarta sampai saat ini sudah mencapai 65 persen. 

Pengerjaan MRT Jakarta struktur bawah tanah telah selesai 80 persen, sementara struktur layang  sekitar 50 persen. 

Upaya percepatan  penyelesaian proyek dilakukan agar MRT Jakarta dapat beroperasi mulai 1 Maret 2019. 

Pada fase pertama, panjang jalur Lebak Bulus - Bundaran HI adalah 16 kilometer, sanggup  melayani 173.400 penumpang setiap hari melalui 16 set kereta dengan rincian: 14 set kereta operasi dan 2 kereta cadangan. Total tempuh 30 menit dengan jarak antar kereta 5 menit sekali. 

Fase kedua Bundaran HI - Ancol Timur sepanjang 13,5 kilometer rencananya  mulai dibangun pada  2019 dan dapat beroperasi pada tahun 2021. Fase ketiga Cikarang - Balaraja sepanjang 87 kilometer  mulai dibangun  tahun 2020. 

Diharapkan pembangunan di fase ini akan selesai pada  2024 - 2027. MRT mulai dibangun pada  2013 dan membentang sepanjang kurang lebih 110 kilometer dari Utara - Selatan dan Barat - Timur. 


0 Komentar