Rabu, 01 Maret 2017 12:35 WIB

Pengamanan Raja Salman, dari Ribuan Personel Polisi Sampai Sniper

Editor : Sandi T
Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Suntana (dua dari kanan), tengah menginformasikan teknik pengamanan Raja Salman. (foto: Asropih)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Suntana mengatakan, untuk mengamankan kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud, pihaknya mengerahkan 4 ribu personel kepolisian.

"Hampir 3-4 ribu personel kita siagakan dan turunkan ke lapangan," ucap Suntana di Polda Metro Jaya, Rabu (1/3/2017).

Dalam hal ini, personel tersebut akan ditempatkan di ring III dan ring IV pengamanan Raja Salman, sementara pengamanan ring I dan ring II dipegang langsung Paspampres. 

Suntana menerangkan, personel akan ditempatkan di jalan lalu lintas, jembatan penyebrangan, dan tempat-tempat lokasi yang akan dikunjungi Raja Salman beserta rombongannya. 

Bahkan, pihak kepolisian juga menyiagakan sniper demi menjaga keamanan Raja Salman dan rombongannya.

"Pasti kita lakukan untuk memberi rasa aman dan nyaman, karena itu SOP kita," kata Suntana.

Sementara itu, Wakil Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Indra Jafar mengatakan, satuan lalu lintas (satlantas) Polda Metro Jaya akan melaksanakan dua tugas.

Pertama, kepolisian akan mengawal Raja Salman dan rombongan di ring I bersama Paspampres. Kedua, mereka akan melakukan pengamanan rute perjalanan Raja Salman dan rombongan. 

"Khusus polantas mengamankan rute termasuk jalan perlintasan seperti interchange," ujar Indra di Polda Metro Jaya.

Indra menerangkan, sekitar 2 mobil dan 6 motor satlantas Polda Metro Jaya akan menempel langsung dengan Raja Salman. 

Untuk pengamanan para pangeran, kepolisian menempelkan satu mobil dan dua motor. Selain itu, satlantas juga sudah menyediakan satuan pengawalan lain di setiap posko hotel para tamu.

"Ada 4 hotel kita siapkan patwal di sana," kata Indra.

Indra menambahkan, mereka akan menerapkan pola buka-tutup pada jalan yang akan dilalui oleh rombongan raja. Dirinya belum memastikan jumlah rangkaian dan lama waktu penutupan jalan. Akan tetapi, sesuai protap pengamanan, diperkirakan maksimal ada 8 mobil untuk pengawalan tamu VVIP.

Saat mendarat ke Indonesia, tepatnya di Bandara Halim Perdanakusuma, Raja Salman akan langsung menuju ke Bogor. 

Indra menambahkan, sejumlah jalan di sekitar Baranangsiang dan sekitar Istana Bogor akan ditutup. Nantinya, lama waktu pengawalan akan bersikap situasional. Pemberlakuan buka tutup arus hanya diproitaskan untuk Raja Salman. Untuk rombongan, polisi hanya fokus pengawal.

"Kita kawal saja. Yang penting lancar saja jalannya," tandas Indra.


0 Komentar