Senin, 27 Februari 2017 12:33 WIB

Potensi Rugikan Negara, KPPU Didesak Usut Lelang di Kemenaker

Reporter : Bili Achmad Editor : Rajaman
gedung Kemenaker (ist)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Koordinator CBA (Center for Budget Analysis) Dadang Nurjaman mendesak KPPU (Komisi Pengawasan Persaingan Usaha untuk melakukan penyelidikikan atas usaha tak sehat di Kementerian Ketenagakerjaan karena berpotensi rugikan negara Rp 375 juta.

Hal itu ditegaskan Dadang menanggapi lelang pengadaan Peralatan pelatihan 3R BBPLK Bekasi Kejuruan elektronik dengan HPS (harga prakiraan sementara) sebesar Rp.19.779.516.680 yang dimenangkan oleh PT Adi Guna.

"selanjutnya, harga penawaran pemenang lelang perusahaan ini terlalu tinggi dan mahal sehingga potensi kerugian negara tercatat sebesar Rp.375.371.404," ungkap Dadang dalam keterangan pers, Senin (27/2/2017).

"Dan perusahaan ini juga, sebetulnya tidak layak menang lantaran dari harga penawaran, PT. Adi Guna Wahana hanya menempati posisi pada Nomor 3 Saja," sambungnya.

Ditambah lagi, PT Adi Guna Wahana diketahui sebelumnya pernah memenangkan tender-tender pada kementerian pimpinan M. Hanif Dhakiri tersebut.

"Sebagai contoh, perusahaan PT. Adi Guna Wahana pernah menang Lelang pada tahun 2016 untuk peralatan pelatihan Institusional kejuruan Elektronika dengan anggaran sebesar Rp.4.481.499.000," sambungnya.

"CBA meminta segera panggil pokja lelang pengadaan Peralatan pelatihan 3R BBPLK Bekasi Kejuruan elektronik untuk diminta keterangan," tandasnya.


0 Komentar