Sabtu, 25 Februari 2017 07:23 WIB

Cirebon Canangkan Koperasi dan Minimarket Berbasis Ekonomi Rakyat

Editor : Eggi Paksha
Pedagang beras. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Forum Bisnis Warga wilayah Cirebon, Jawa Barat, yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat membentuk Koperasi Warga Jawa Barat dan mencanangkan mendirikan minimarket yang berbasis ekonomi rakyat. 

"Kami mendirikan koperasi dan nantinya koperasi ini tidak hanya menghimpun dana, namun juga mendirikan minimarket untuk anggotanya," kata Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan PRA, Arief Natadiningrat, di Crebon, Jumat (24/02/2017).

Sultan menuturkan dengan adanya koperasi ini, diharapkan masyarakat tidak hanya menjadi konsumtif, namun juga bisa memiliki minimarket yang dikelola.

Dimana nanti koperasi ini bisa menyediakan berbagai kebutuhan para anggota, agar mereka bisa belanja di koperasi dan juga mendapatkan hasil dari koperasi.

"Jadi masyarakat tidak menjadi target para kapitalis lagi, dimana nantinya dalam koperasi usaha bersama ini mereka bisa menikamati hasil dari penjualan," tuturnya. 

Sultan menambahkan untuk rencana awal, akan didirikan di 100 titik di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan. 

Ia melanjutkan untuk per satu unit koperasi minimal ada 1000 anggota koperasi untuk bisa mendirikan sebuah minimarket. "Selain anggota juga boleh membeli dan bertransaksi dalam minimarket," tambahnya.

Dan diharapkan dalam waktu enam bulan bisa tercapai target yang sudah ditentukan oleh pihaknya.(exe/ist)


0 Komentar