Rabu, 22 Februari 2017 07:05 WIB

Monaco Buka Peluang ke Perempat Final Liga Champions

Editor : Yusuf Ibrahim
Radamel Falcao (kanan) merayakan golnya. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com-Delapan gol warnai kemenangan Manchester City atas AS Monaco pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Etihad Stadium, Rabu (22/2/2017) dinihari WIB.

Pertandingan pun berakhir dengan kemenangan tuan rumah. Pada babak pertama, City mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola 67 persen dan 33 persen (Monaco).

Meskipun leluasa masuk ke pertahanan Monaco, namun Sergio Aguero tercatat hanya mampu melepaskan satu tendangan ke arah gawang.

Satu-satunya peluang tuan rumah tercipta ketika Leroy Sane memberikan umpan silang yang dikonversikan dengan baik oleh Raheem Sterling di menit 26. Sayangnya, gol pembuka itu hanya bertahan selama enam menit mengingat Radamel Falcao berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah umpan lambung Fábio Henrique Tavares berhasil diselesaikannya melalui tandukan.

Gol penyeimbang tersebut membuat City seperti demam panggung, sebab mereka justru lebih banyak ditekan oleh pemain Monaco. Lima menit sebelum turun minum, Monaco mengembalikan kedudukan menjadi 1-2 setelah sepakan setengah voli Kylian Mbappe Lottin tak mampu dibendung kiper City. 

Mbappe sukses menempatkan namanya sebagai pemain kedua termuda di Perancis (17 tahun-18 bulan) yang mencetak gol di Liga Champions.

Tak hanya catatan buat pemain saja, Monaco juga sukses menancapkan nama klub di urutan pertama sebagai pencetak gol terbanyak di Eropa dengan 101 gol dari 42 kali penampilan di semua kompetisi musim ini.

Tiga menit setelah turun minum, Monaco mendapatkan hadiah penalti setelah Falcao dijatuhkan Otamendi saat mencoba meneruskan bola. Sayangnya kapten Les Rouge et Blanc tak mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik lantaran sepakan datarnya berhasil ditangkap kiper City.

Ketika pemain tim tamu asyik menyerang, City mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui aksi Aguero setelah umpan Sterling diselesaikannya dengan baik. Tapi untuk kedua kalinya, tuan rumah kembali tertinggal saat Falcao membayar kesalahannya dengan mencetak gol indah (chip sempurna dengan melewati kepala Caballerro) di menit 61.

Dengan demikian, mantan penyerang Manchester United itu secara keseluruhan telah mencetak 44 gol dalam 48 pertandingan di kompetisi Eropa. 

Meskipun kembali tertinggal anak asuh Pep Guardiola pantang menyerah. Mereka tetap mengintimidasi permainan tim tamu dan hasilnya mereka mampu mengembalikan kedudukan menjadi 5-3 berkat gol Aguero (71'), John Stones (77'), dan Leroy Sane (83').

Kendati gagal memetik kemenangan, namun peluang Monaco lolos ke perempat final masih terbuka di mana mereka hanya membutuhkan dua gol tanpa kebobolan.(exe/ist)


0 Komentar