Kamis, 16 Februari 2017 16:19 WIB

ICMI Apresiasi Pilkada Berjalan Lancar dan Bermartabat

Reporter : Sriyanti Lumban Gaol Editor : Hendrik Simorangkir
Wakil Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Priyo Budi Susanto. (Foto: Sriyanti Lumban Gaol)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menyikapi hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang berlangsung Rabu (15/2/2017), Wakil Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Priyo Budi Susanto meminta umat Islam tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa, agar tak terpecah belah hanya karena Pilkada.

"ICMI bersifat netral, tidak memihak kepada siapapun. Tetap kedepankan asas politik yang santun, jujur dan bermartabat karena itulah akhlak umat islam. Adapun hasil Pilkada harus diterima dengan lapang dada," ujar Priyo, saat ditemui di Euro Management, Menteng, Jakarta Pusat. Kamis, (16/2/2017).

Selain itu, ICMI juga mengapresiasi seluruh khalayak maupun peserta pemilu dalam perhelatan Pilkada kemarin. Pasalnya, banyak cacian sempat terlontarkan, namun hal tersebut Priyo anggap sebagai bumbu-bumbu dalam demokrasi.

"ICMI sangat bangga, dan cacian-cacian sebagai bumbu dalam mematangkan demokrasi di Indonesia. Semoga proses demokrasi di Indonesia sebagai percontohan di dunia. Kami (ICMI) juga bangga termasuk kaum muslim yang sudah menunjukan sikap santun dalam Pilkada kemarin," jelasnya.

Priyo mengimbau agar dalam putaran kedua nanti tidak ada pihak-pihak yang berbuat curang dan tak ada caci maki. "Jangan ada ujaran kebencian, ini akan menimbulkan antipati publik," tutupnya.