Sabtu, 11 Februari 2017 07:06 WIB

Suasana Cair, Peserta Aksi 112 Datang dengan Biaya Kolektif

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi salat subuh dan dzikir di Masjid Istiqlal. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Peserta aksi 11 Februari 2017 atau 112 berasal tidak hanya dari Jakarta dan sekitarnya, namun juga dari berbagai daerah di Indonesia.

"Ada yang dari Jabar, Jateng. Ini sangat cair," kata Kepala Kepolisian Sektor Sawah Besar, Kompol Ridwan S. Soplanit di kawasan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (10/02/2017) malam.

Peserta dari luar Jakarta di antaranya berasal dari Aceh, Medan, Ciamis, Depok, Tangerang, Cikampek, Bogor, dan lain-lain.

Salah satu peserta asal Cikampek, Jawa Barat, Ruspendi, mengaku hadir bersama rombongan 10 bus dan dengan biaya kolektif. "Saya ke sini murni untuk dzikir," kata dia.

Sementara itu, Aris, yang mengaku berasal dari Bogor, sengaja datang untuk salat subuh di Masjid Istiqlal dan mengikuti tausiah nasional. "Sebelumnya saya juga selalu ikut aksi bela Islam," ucap dia.

Ribuan orang yang akan mengikuti aksi 112 telah memadati sekitar kawasan Masjid Istiqlal sejak Jumat (10/02) petang. Aliran massa yang berdatangan menyebabkan kepadatan di pintu masuk Istiqlal.

Acara dzikir dan tausiah nasional yang diselenggarakan Forum Umat Islam (FUI) rencananya akan dimulai pukul 09.00-12.00 WIB. Sebelumnya, massa peserta aksi akan melakukan salat subuh bersama.

Sementara pada 07.00-09.00 WIB akan diselenggarakan acara internal oleh pihak Masjid Istiqlal.(exe/ist)