Jumat, 03 Februari 2017 15:05 WIB

Pengamat: Banyak Mahasiswa di Indonesia Belum Sadari Bahaya Narkoba

Editor : Hendrik Simorangkir
(ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Dosen sekaligus anggota satuan petugas (satgas) pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Purnomo Ananto mengatakan, banyak mahasiswa yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba karena ketidaktahuan mereka.

"Banyak mahasiswa yang belum mengerti tentang jenis dan bahaya narkoba sehingga sering menjadi korban karena ketidaktahuan mereka," kata Purnomo Ananto, yang merupakan dosen di Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta (PoliMedia), Jumat (3/2/2017). 

Berbicara tentang narkoba di lingkungan mahasiswa, ia mengatakan harus menggunakan kata-kata 'Pencegahan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba' karena narkoba sebenarnya juga dibutuhkan untuk dunia medis. "Yang salah itu, jika narkoba disalahgunakan," tambah Purnomo.

Menanggapi maraknya penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar dan mahasiswa, Purnomo mengungkapkan jika saat ini pihak Kemendikbud sedang menyusun rencana strategis mengenai penanggulangan narkoba.

"Saat ini Kemendikbud sedang menyusun rencana strategis penanggulangan AIDS di mana di dalamnya ada upaya pencegahan bahaya penyalahgunaan narkoba," jelasnya.

Selain itu, Purnomo berpesan kepada generasi muda untuk menghindari penyalahgunaan narkoba.

"Kenali dan hindari penyalahgunaan narkoba, jangan pernah mencoba sekalipun jenis narkoba apapun karena penyalahgunaan narkoba akan nikmat sesaat tapi sengsara sepanjang hayat," pungkasnya. 

 

Sumber: antara