Selasa, 31 Januari 2017 20:01 WIB

Kemendes: 70 Persen Desa Telah Online

Editor : Rajaman
Eko Putro Sandjojo (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyatakan sekitar 70 persen dari 74.000-an desa di Tanah Air telah terjangkau internet atau "online".

"Hanya 30 persen di Indonesia yang belum tersentuh internet. Kami targetkan pada tahun ini sudah tersentuh semuanya," ujar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, usai peluncuran aplikasi Ruang Desa, Selasa (31/1/2017).

Aplikasi Ruang Desa merupakan aplikasi berbasis android yang dapat menjadi wadah komunikasi antara aparat desa dan fasilitator desa. Aplikasi tersebut merupakan hasil kerja sama Kemendes PDTT dan Pemerintah Australia.

Mendes mengatakan melalui aplikasi tersebut, aparat maupun fasilitator desa dapat saling berbagi informasi mengenai pengelolaan desa. Sebanyak empat provinsi dijadikan model penerapan aplikasi tersebut yakni Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat, "Ke depan, aplikasi ini juga akan melibatkan masyarakat, sehingga bisa memantau mengenai pengelolaan desa tersebut," kata dia.

Mendes menambahkan dengan adanya aplikasi itu diharapkan akan membantu para fasilitator menjadi lebih efisien dan efektif dalam memberikan dukungan ke desa-desa. Utamanya, hal ini akan menyediakan data terbaru bagi kementerian.

"Dengan data yang benar, maka diharapkan dapat menghasilkan kebijakan yang benar pula," harap dia.

Kemendes PDTT juga bisa menggunakan aplikasi itu untuk memantau dan menganalisa permasalahan di tingkat lokal untuk kemudian didiskusikan melalui aplikasi ini dan mengidentifikasi lokasi yang memerlukan dukungan lebih lanjut dalam melaksanakan Undang-Undang Desa.

Kementerian juga dapat memberikan petunjuk dan pemutakhiran peraturan serta informasi secara langsung kepada para fasilitator dan pemerintah desa.

sumber: antara


0 Komentar