Jumat, 27 Januari 2017 09:16 WIB

Rupiah Diprediksi Tetap dalam Tren Penguatan

Editor : Yusuf Ibrahim
Uang rupiah. (poto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Laju rupiah sedang kembali mencoba menguat dengan memanfaatkan kondisi pelemahan dolar Amerika Serikat (USD) dan diharapkan skenario ini masih dapat berlanjut agar rupiah tetap dapat dalam tren penguatannya. 

"Tetap cermati berbagai sentimen yang akan memengaruhi perubahan pada laju rupiah. Terutama jika laju rupiah akan kembali berbalik arah melemah," ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada, di Jakarta, Jumat (27/01/2017).

Dia memperkirakan rupiah akan bergerak dengan kisaran di level support Rp13.364/USD dan resisten Rp13.290/USD. Sementara, kembali melemahnya laju USD memberikan harapan pada laju rupiah untuk dapat berbalik positif. 

Pelaku pasar pun kembali melakukan aksi jual dan lebih banyak melakukan aktivitas transaksi pada pasar ekuitas dan pasar komoditas. Imbasnya tentu saja membuat sejumlah indeks saham global menguat. Begitupun sejumlah harga komoditas yang juga menguat.

"Imbas lainnya, tentu membuat sejumlah mata uang lainnya cenderung terapresiasi. Kondisi ini terjadi seiring respons pelaku pasar terhadap rancangan-rancangan kebijakan Trump yang dinilai lebih proteksionis dan pro pertumbuhan ekonomi AS," pungkasnya.(exe/ist)