Selasa, 24 Januari 2017 17:09 WIB

Pemkot Tangerang Datangkan 72 Investor Luar Negeri Jajaki Pasar Pembangunan PLTSa

Reporter : Hendrik Simorangkir Editor : RB Siregar
Pemkot Tangerang datangkan 72 investor untuk menjajaki pasar pembangunan PLTSa.(foto: hendrik)

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Guna mendapatkan bantuan pembangunan megaproyek PLTSa di Kota Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mendatangkan 72 investor luar negeri untuk mengikuti Market Sounding atau penjajakan pasar. 

Jumlah investor yang ikutu meningkat karena  sebelumnya hanya 42 investor yang  terdaftar untuk mengikuti penjajakan pasar PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah) tersebut. 

"Dari data yang ada, ternyata investor sudah melebihi kapasitas. Mereka berasal dari berbagai negara,  China, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Jerman, dan banyak lagi," jelas Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin, saat menerima perwakilan dari 72 investor di Ruang Akhlakul Karimah, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa (24/1/2017). 

Sedianya, Pemkot Tangerang  melakukan seleksi terhadap  investor yang dianggap paling pantas untuk mengelola proyek PLTSa di Kota Tangerang. 

"Kami akan lihat dahulu sejauh mana minat  investor tersebut, masukan dari mereka seperti apa, dan teknologi apa yang akan digunakan untuk mengatasi persoalan sampah. Pastinya semua harus ramah lingkungan," jelas Sachrudin. 

Di lain tempat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Ivan Yudhianto menjelaskan, ada persyaratan lain yang mutlak harus dimiliki  investor yang akan mengelola PLTSa, yakni  investor harus  berpengalaman di bidangnya. 

"Investor tersebut harus sudah menangani PLTSa dengan ramah lingkungan minimal lima tahun. Kami tidak ingin seperti 'membeli kucing dalam karung'. Tentunya harus investor yang sudah berpengalaman mengelola sampah yang akan mengelola PLTSa di Kota Tangerang," terang Ivan.