Selasa, 17 Januari 2017 12:32 WIB

Massa Kontra Ahok Berkurang, Ini Penjelasan Novel FPI

Reporter : Bili Achmad Editor : Hermawan
Sekjen Dewan Syuro DPD Front Pembela Islam (FPI), Novel Bamukmin.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sekjen Dewan Syuro DPD Front Pembela Islam (FPI), Novel Bamukmin mengungkapkan alasan berkurangnya jumlah massa aksi sidang kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2017).

Menurut Novel, hal ini lantaran beberapa anggotanya kelelahan usai menggelar aksi di Mabes Polri, Senin (16/1/2017).

"Bukan berkurang tapi maklum kemarin abis aksi ada sebagian anggota kami yang istirahat," ujar Novel saat ditemui di lokasi.

Namun, Novel mengklaim anggota yang hadir pada sidang Ahok keenam ini mencapai 1.000 orang, dan itu merupakan sistem rolling atau bergantian dari sejumlah elemen yang tergabung dalam GNPF-MUI.

"Pengawalan ini lama jadi biasa pasang surut. Sidang ini kan setiap minggu, dan mereka juga ada yang kerja dan punya keluarga dan ustad juga berdakwah, jadi hari ini agak berkurang," ucap dia. 

Kendati demikian, Novel menekankan bahwa semangat anggotanya tidak akan surut dalam mengawal kasus yang merugikan agama Islam tersebut.

"Kami (FPI) punya pengalaman kawal sidang penistaan agama sampai selesai. Contohnya, kasus Ahmad Musadeq, jadi semangat kami tidak akan surut," tandasnya.