Senin, 16 Januari 2017 15:56 WIB

2 Pilot Susi Air Negatif Narkoba

Reporter : Muhammad Syahputra Editor : Hermawan
Dua pilot Susi Air negatif narkoba.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Dua pilot maskapai Susi Air terbukti negatif menggunakan narkotika, setelah dilakukan pemeriksaan secara komprehensif oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) pusat, Jakarta.

"Dari hasil pemeriksaan dan analisis laboratorium yang telah dilakukan oleh BNN sejak hari Rabu, 11 Januari 2016 sampai dengan Jumat, 13 Januari 2016 dengan menggunakan tes urine dan rambut, pilot susi air tersebut dinyatakan negatif menggunakan narkotika," kata Kepala Bagian Humas BNN Slamet Pribadi, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (16/1/2017).

Dia menambahkan terkait dengan hasil positif narkotika yang ditemukan oleh petugas di lapangan saat di Cilacap, hal tersebut dikarenakan yang bersangkutan sedang mengonsumsi obat dan suplemen.

"Hasil pemeriksaan juga diperkuat dengan ditemukannya beberapa obat dan suplemen lain yang memang dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan saat pengujian di lapangan," katanya.

Sebelumnya, dua pilot maskapai Susi Air terindikasi positif memakai narkoba saat dites urine oleh BNN Kabupaten Cilacap. Mereka akan dites lagi di kantor pusat BNN, Jakarta.

Untuk memastikan kebenarannya, dua pilot berkewarganegaraan Brazil dan Belanda tersebut dibawa ke BNN pusat untuk dilakukan pemeriksaan.

Selain itu, mantan pilot Citilink Captain Tekad Pena Agnia Martanto pun terbukti negatif menggunakan narkotika setelah dilakukan asesmen dan pemeriksaan laboratorium oleh BNN.

Namun, hasil dari pemeriksaan tersebut, yaitu Captain Tekad dalam kondisi tidak sehat atau "unfit".

Karena itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mencabut lisensi pilot tersebut karena telah melakukan sejumlah pelanggaran prosedur operasi standar, yaitu terlambat datang, tidak mengikuti rapat singkat (briefing) sebelum terbang, dan tidak dalam kondisi sehat.

sumber: antara