Senin, 16 Januari 2017 14:23 WIB

Buku Jokowi Undercover, Ini Tanggapan Presiden

Editor : Hermawan
Buku Jokowi Undercover.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya angkat bicara soal buku berjudul Jokowi Undercover yang ditulis Bambang Tri Mulyono.

Presiden ke-7 Indonesia ini mengaku sama sekali enggan membaca, apalagi mengomentari tentang buku, yang berisi fitnah yang tanpa data akurat dan narasumber kredibel.

“Sudah baca belum? Siapa yang sudah baca? Dibaca saja sampai habis,” ujar Presiden Jokowi seusai memberikan pengarahan pada Rapimnas TNI 2017 dan Polri di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (16/1/2017).

Presiden Jokowi dengan nada tinggi mengungkapkan bahwa buku seperti itu tidak layak dikomentari, apalagi dibaca sebab tidak memiliki nilai-nilai positif.

“Kalau datanya tidak ilmiah, sumbernya tidak jelas, kenapa saya harus baca. Kenapa, saya harus komentari,” tandas Jokowi.

Jokowi menuturkan, syarat sebuah buku harus mengandung kaidah ilmiah, materinya harus jelas, dan data yang dimiliki diperdalam di lapangan.

“Setiap pembuatan buku pasti ada kaidah ilmiah. Ada materi, ada data yang diperdalam di lapangan. Ada sumber-sumber yang kredibel, bisa dipercaya yang bercerita tentang itu,” pungkas Presiden Jokowi. (ist)