Rabu, 11 Januari 2017 22:17 WIB

Djarum Superliga Badminton 2017 Berhadiah Rp3,3 Miliar

Editor : Yusuf Ibrahim

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sebanyak 12 klub bulu tangkis nasional dan asing akan mengikuti kejuaraan beregu "Djarum Superliga Badminton 2017" yang berlangsung di GOR DBL Arena Surabaya, Jawa Timur, 19-26 Februari.

"Kami tidak menggelar Djarum Superliga Badminton pada 2016 karena pemain-pemain peringkat atas dunia masih fokus persiapan Olimpiade. Kami tetap berkomitmen untuk menyelenggarakannya pada tahun ini agar animo terhadap bulu tangkis semakin tinggi," kata Direktur PT Djarum, Yan Haryadi Susanto, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (11/01/2017).

Adapun klub peserta yang akan tampil, yakni PB Djarum Kudus, Musica Champion Jakarta, USM Blibli Semarang, Mutiara Cardinal Bandung, Berkat Abadi Banjarmasin, Suryanaga Surabaya, Gifu Tricky Panders Jepang, Granular Thailand, Hitachi Jepang, Hokuto Bank Jepang, dan Saishunkan Jepang.

"Jumlah itu masih mungkin berubah karena kami masih akan menunggu hingga penutupan pendaftaran pada 24 Januari," kata Direktur Djarum Superliga Badminton, Achmad Budiharto.

Budiharto mengatakan, panitia penyelenggara memberikan subsidi sebesar Rp50 juta untuk seluruh klub yang mengikuti kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 250 ribu dolar AS atau setara Rp3,3 miliar itu.

"Kami juga memberikan tambahan subsidi 6.000 dolar AS kepada masing-masing klub bulu tangkis dalam negeri yang akan mendatangkan pemain-pemain asing dalam kejuaraan ini," tutur Budiharto.

Panitia Djarum Superliga Badminton tidak membatasi jumlah pemain asing dalam satu klub bulu tangkis dalam negeri. Tetapi, setiap pemain asing itu diperbolehkan hanya mengikuti dua partai pertandingan.

"Kami berharap klub Suryanaga akan tetap mengikuti Djarum Superliga tahun ini karena mereka adalah salah satu pelopor kejuaraan ini. Kami akan membantu kendala yang mereka hadapi," ujar Budiharto.

Sementara itu, Ketua Umum PP Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Wiranto, mengatakan kejuaraan Djarum Superliga Badminton akan menjadi kesempatan bagi PBSI untuk mencari bibit-bibit atlet berkualitas.

"Pemain-pemain bulu tangkis junior nasional punya kesempatan untuk bermain dengan pemain kelas dunia. Kami mengapresiasi langkah Djarum untuk terus memberikan pengalaman seperti itu kepada pemain-pemain muda Indonesia," jelas Wiranto.

Sejumlah pemain asing bulu tangkis peringkat atas dunia yang akan mengikuti Djarum Superliga Badminton 2017 antara lain Lee Yong Dae, Lee Hyun Ill, Akane Yamaguchi, Tanongsak Saensomboonsuk, Max Webe, dan Vladimir Ivanov.(exe/ist)