Rabu, 11 Januari 2017 18:53 WIB

Derasnya Arus Urbanisasi di Jakarta, Agus: Itu Tak Bisa Dihindari

Reporter : M. Syahputra Editor : Danang Fajar
Cagub DKI Jakarta Nomor Urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono (Foto: M Syahputra)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Bertambahnya jumlah penduduk yang datang ke Jakarta setiap tahunnya, membuat tingkat pengangguran di Ibu Kota semakin tinggi, hal tersebut menjadi pekerjaan rumah bagi pemimpin DKI selanjutnya untuk melakukan terobosan serta perubahan.

Salah satu contohnya, dengan menambah jumlah lapangan pekerjaan dan memberikan pemahaman terhadap masyarakat dari daerah agar datang ke Jakarta harus memiliki keterampilan.

Namun, berbeda dengan apa yang disampaikan oleh Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono. menurutnya, arus urbanisasi adalah sebuah realita  jadi saat para masyarakat daerah datang ke Jakarta itu adalah hak sebagai warga negara Indonesia.

"kalau ada pendatang hal tersebut tidak dapat dicegah karena mereka mempunyai hak yang sama dengan rakyat Indonesia untuk mendatangi Ibu Kota," ujarnya, di kawasan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (11/1/2017). 

Dirinya menambahkan, banyaknya pendatang di Ibu Kota Jakarta, akibat daya tarik pembangunan yang megah dan terlihat memberikan peluang kehidupan lebih baik.

"Pekerjaan yang lebih baik. tentu bagi saya yang jelas warga jakarta sudah ada di jakarta mendapat prioritas lebih dahulu mereka harus memiliki standar kehidupan layak," tambahnya.

Selain itu, dalam mengatasi masalah urbanisasi di Jakarta, Agus dan Sylvi akan fokus untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan membuka lapangan pekerjaan.

"Intinya jangan sampai kehidupannya sulit, jangan sampai kemiskinan semakin dalam dan semakin luas. itu dulu kita beresi. Tentunya pemerintah sebagai fasilitator menciptakan pekerjaan dan dunia usaha juga penting," pungkasnya.