Rabu, 11 Januari 2017 08:23 WIB

Kemampuan AS Tembak Rudal Korut Diragukan

Editor : Eggi Paksha
Direktur Lembaga Pertahanan Rudal AS, Laksamana James Syring.(poto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Amerika Serikat (AS) memiliki kemampuan terbatas untuk bertahan dari rudal balistik antarabenua yag diluncurkan Korea Utara (Korut) atau Iran.

Demikian pernyataan kantor pengujian senjata Pentagon dalam laporan tahunan terbarunya. Laporan itu mengatakan bahwa AS mempertahankan pencegat rudal berbasis darat yang ditempatkan di Alaska dan California.

Namun, tingkat keakuratan mereka tidak bisa diketahui karena kurangnya uji coba seperti dikutip Sky News dari Bloomberg, Selasa (10/01/2017).

Meski begitu, Direktur Lembaga Pertahanan Rudal AS, Laksamana James Syring, mengatakan ia memiliki keyakinan tinggi dengan sistem pertahanan rudal tersebut.

"Saya sangat percaya diri dalam sistem dan prosedur yang dipekerjakan untuk mencegat ICBM Korut yang mereka tembakkan ke arah wilayah kami," katanya.

Korut belum secara eksplisit mengatakan akan melakukan tes ICBM dalam waktu dekat. Namun, sebuah peluncuran ICBM yang sukses akan menjadi langkah maju bagi Korut dan perhatian serius untuk Washington dan sekutu-sekutunya. 

Dalam pidato tahunan menyambut tahun baru, Kim Jong-un menyatakan bahwa negaranya telah melewati tahap akhir pembangunan ICBM. Sedangkan juru bicara Kementerian Luar Negeri Korut mengatakan bahwa Pyongyang berhak untuk melakukan uji coba setiap saat.

"ICBM tersebut akan diluncurkan kapan saja dan di mana saja ditentukan oleh kantor pusat tertinggi DPRK," kata juru bicara yang tidak disebutkan namanya. DPRK adalah singkatan dari nama resmi Korut, Republik Demokratik Rakyat Korea.(exe/ist)