Rabu, 11 Januari 2017 06:58 WIB

Manchester United Semakin dekat ke final Piala Liga Inggris

Editor : Eggi Paksha
Juan Mata (Manchester United/kiri) sukses memecah kebuntuan United ketika umpan Henrikh Mkhitaryan mampu diselesaikan dengan baik.

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Tiket final Piala Liga Inggris tampaknya sudah berada di tangan Manchester United.

Itu diketahui setelah mereka mampu membombardir gawang Hull City dengan dua gol tanpa balas pada laga leg pertama semifinal Piala Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Rabu (11/01/2017) dinihari WIB. 

Absennya Zlatan Ibrahimovic di pertandingan ini membuat United tampak kesulitan menjebol gawang Hull di babak pertama. Pasalnya Wayne Rooney dan Marcus Rashford mendapatkan pengawalan yang cukup ketat dari pemain tim tamu. 

Satu-satunya peluang emas Setan Merah didapat Paul Pogba di menit 28. Namun sepakan kerasnya dari luar kotak penalti masih mampu ditepis kiper kiper Hull, Jakupovic. 

Hull bukan tanpa peluang. Mereka baru berhasil keluar dari gempuran pemain United pada menit ke-31 ketika sepakan bola mati Robert Snodgrass mampu dibelokkan Hernandez.

Sayangnya, usaha dia masih diselamatkan mistar gawang. Skor imbang tanpa gol pun bertahan hingga interval pertama usai. 

Memasuki babak kedua, United tidak mengalami perubahan. Mereka tetap mengambil inisiatif menyerang dan sesekali meneror gawang Hull. Tuan rumah pun akhirnya sukses meruntuhkan gaya permainan bertahan tim tamu di menit 56. 

Adalah Juan Mata yang sukses memecah kebuntuan United ketika umpan Henrikh Mkhitaryan mampu diselesaikan dengan baik dengan sepakan jarak dekatnya. Skor 1-0 untuk kemenangan tuan rumah. 

Boleh dikatakan, Mata telah mencetak gol pembuka sebanyak tiga kali dari empat pertandingan terakhir di Piala Liga. Secara keseluruhan dia telah mencetak 33 gol dalam 129 pertandingan bersama United dan itu merupakan capaian yang luar biasa mengingat sewaktu masih membela Chelsea, pemain berkebangsaan Spanyol itu harus membutuhkan 135 laga untuk menciptakan 33 gol.

Sementara itu, Rooney gagal melewati rekor gol legenda tim Sir Bobby Charlton (249), setelah Jose Mourinho menarik keluar tiga menit setelah tuan rumah sukses memecahkan kebuntuan.

Pelatih berpaspor Portugal itu sengaja menggantikan kaptennya itu dengan Martial mengingat akhir pekan ini, United akan berhadapan dengan Liverpool pada lanjutan Liga Inggris. 

Namun bukan berarti United gagal menambah gol. Pasalnya Marouane Fellaini sukses memperlebar kedudukan menjadi 2-0 setelah umpan lambung Matteo Darmian dari sisi kiri berhasil diselesaikannya dengan tandukan.

Hingga pertandingan usai, skor tersebut tak berubah. Berkat tren positif tersebut United seolah telah menempatkan satu kaki di final.

Karena mereka hanya menahan imbang Hull pada laga leg kedua. Dengan kemenangan ini, Mourinho sukses memperlebar rekor kemenangannya menjadi sembilan kali secara beruntun di musim ini.(exe/ist)