Selasa, 10 Januari 2017 19:58 WIB

BNN: Hasil Tes Eks Pilot Citilink Negatif

Editor : Luki Junizar
Eks Pilot Citilink Tekad Saat Akan Menjalani Tes di BNN (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) menyatakan hasil tes narkotika yang dilakukan terhadap mantan pilot Citilink, Kapten Tekad Purna, yang diduga mabuk.BNN merilis jika hasil tes Tekad negatif.

"Hasil pemeriksaan penunjang untuk urine, rambut, dan darah, tidak terdeteksi adanya kandungan narkotik dan zat psikoaktif lainnya," kata Kepala Humas BNN, Kombes Slamet Pribadi dalam konferensi pers di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2017).

Tekad menjalani tes di BNN pada tanggal 4 Januari dan 5 Januari 2017 atas permintaan Kemenhub dan maskapai Citilink. Sejumlah tes pun dilakukan kepada Tekad.

"Yang diambil kemarin adalah urine dan rambut. Hasil pemeriksaan fisik tidak ditemukan kelainan yang bermakna," ujar Slamet.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mencabut lisensi terbang Kapten Tekad Purna. Lisensi terbang Tekad dicabut secara permanen.

"Kami sampaikan, kita sudah tetapkan lisensi saudara Tekad kita nyatakan dicabut, karena terdapat bukti yang cukup melakukan bukti (pelanggaran) tersebut," kata Budi di kantor Otoritas Bandara Wilayah 1, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (4/1).

Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo mengatakan lisensi terbang Tekad dicabut secara permanen. Pencabutan izin terbang Tekad tersebut dilakukan karena hasil tes Balai Kesehatan Penerbangan Kemenhub menyatakan kondisi Kapten Tekad tidak stabil secara kesehatan jiwa dan fisik.