Selasa, 10 Januari 2017 09:23 WIB

Rupiah Diperkirakan Lanjutkan Pelemahan

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi laju rupiah pada hari ini diperkirakan melanjutkan pelemahan.

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Laju rupiah pada hari ini diperkirakan melanjutkan pelemahan terutama dengan adanya imbas pelemahan sejumlah harga komoditas yang dapat memberikan kesempatan pada rupiah untuk bergerak menguat.

"Namun demikian, diharapkan jika terjadi pelemahan maka dapat lebih terbatas di mana faktor kenaikan nilai cadangan devisa dapat menahan sentimen-sentimen negatif tersebut," ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada, di Jakarta, Selasa (10/01/2017).

Dia memperkirakan rupiah akan bergerak dengan kisaran support di level Rp13.400/USD dan resisten Rp13.280/USD. Sementara, laju rupiah kemarin terlihat sedikit tertekan seiring penguatan laju USD karena imbas dari pelemahan harga minyak mentah dunia.

Di sisi lain, meski rilis data ekonomi payrolls AS bertumbuh di bawah estimasi namun, pelaku pasar masih merespons positif dengan masih adanya kenaikan data tersebut.

Pelaku pasar pun memanfaatkan kondisi tersebut untuk profit taking pada rupiah. Ditambah lagi, pergerakan mata uang poundsteling (GBP) juga melemah seiring pernyataan PM nya terkait Brexit.


Sementara itu, rilis dari Bank Indonesia (BI) yang mencatat posisi cadangan devisa Indonesia akhir Desember 2016 tercatat sebesar USD116,4 miliar, lebih tinggi dibanding posisi akhir November 2016 yang sebesar USD111,5 miliar tampaknya belum cukup kuat mengangkat laju rupiah bertahan di zona hijau.

"Namun demikian, paling tidak dapat menahan pelemahan rupiah lebih dalam," pungkasnya.(exe/ist)