Senin, 09 Januari 2017 15:34 WIB

Ini Impian Djarot Bangun Pasar Minggu Jadi Modern

Reporter : Arif M Ryan Editor : Hermawan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Calon wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat kampanye di Pasar Inpres, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (9/1/2017).

Kepada warga, Djarot berencana akan merevitalisasi pasar tradisional tersebut. Djarot akan mengintegrasikan pasar dengan rusun serta mefasilitasi beberapa transportasi.

"Mengintegraikan dengan moda transportasi antara KRL Jabodetabek commuter line, stasiun Pasar Minggu dengan Terminal Pasar Minggu serta nanti mengkordinasikan dengan bus way sehingga Pasar Minggu menjadi wilayah yang sangat dinamis," ujar Djarot di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (9/1/2017).

Djarot akan membuat Transit Oriented Development (TOD). TOD adalah peruntukan lahan campuran berupa perumahan atau perdagangan yang direncanakan untuk memaksimalkan akses angkutan umum dan sering ditambahkan kegiatan lain untuk mendorong penggunaan moda angkutan umum.

Tak hanya itu, Djarot juga akan membangun puskesmas di kawasan pasar tersebut. Hal ini dilakukan agar masyarakat yang sakit dapat secara mudah berobat ke puskesmas.

Selain itu, dalam perencanaannya, Djarot membuat lokasi binaan untuk kuliner di kawasan Pasar Minggu. Rencananya, kata Djarot, akhir Januari ini lokasi binaan tersebut sudah dapat digunakan.

"Yang kedua tadi saya meninjau lokasi binaan untuk kuliner yang rencananya akhir Januari selesai dan grand openingnya nanti Februrari. Saya jadiin grand opening saya akan datang untuk meresmikan lokasi binaan itu sekaligus menata sampah yang ada di depan itu inilah kita on the spot datang supaya bisa menata supaya dalam kuliner itu sampah tidak ada di depan itu," cetusnya.

Revitalisasi pasar tersebut, lanjut Djarot, akan digarapnya pada tahun 2017 ini. Seperti Pasar Rumput, kata dia, pihaknya sudah berhasil menggarapnya secara baik dan bagus.

Nantinya, Pasar Minggu akan dibuat layaknya Pasar Rumput. Akan tetapi, dana pembangunan tersebut murni berasal dari PD Pasar Jaya.

"Rencananya 2017, sekarang jalan adalah Pasar Rumput, kalau Pasar Rumput itu kerja sama denga  PUPERA sedangkan nanti Pasar Minggu itu murni dari kami, dari PD Pasar Jaya. PD Pasar Jaya itu kan sudah BUMD ya, 99 persen milik pemda, berarti kerja sama dengan Jakpro supaya bisa bangun di Pasar Minggu. Nanti akan terintegrasi ada jembatan layang yang antar stasiun sama ini sehingga betul-betul modern," tandas mantan walikota Blitar itu.