Sabtu, 07 Januari 2017 12:08 WIB

Pemerintah Didesak Benahi Rantai Pasokan Bahan Pokok untuk Stabilkan Harga

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan mendesak pemerintah harus segera membenahi rantai pasokan mulai dari petani hingga konsumen agar harga tetap stabil sepanjang tahun. Hal ini, terkait melonjaknya harga kebutuhan pokok seperti cabai di berbagai wilayah Indonesia.

Hargai cabai rawit di pasar tradisional Waisai kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, selama sepekan terakhir naik hingga mencapai Rp 200 ribu per kilogram, dari sebelumnya hanya Rp 60 ribu per kg. Menurut seorang pedagang, kenaikan drastis ini terjadi karena pasokan dari agen dan petani terbatas sementara permintaan cukup tinggi.

"Pemerintah harus buat perencanaan yang baik yang sinkronkan antara siklus musim tanam dengan siklus kebutuhan permintaan konsumen sehingga mencapai titik harga yang optimal baik untuk petani maupun konsumen," ujar Daniel, Sabtu (7/1/2017).

Dikatakan Daniel, jangan seperti kondisi sekarang ini, saat musim panen justru harga anjlok dan petani terbebani. "Tidak panen harga melonjak tinggi buat konsumen tercekik," katanya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan pemerintah harus sangat hati-hati dalam menaikkan tarif dan harga karena bisa mengurangi daya beli dan tingkat kemiskinan.

"Anak buah Presiden tidak peka dengan rakyat yang lagi susah," tandasnya.
0 Komentar