Kamis, 05 Januari 2017 06:30 WIB

Jepang Lakukan Simulasi Evakuasi Nuklir

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah Jepang dikabarkan akan melakukan simulasi evakuasi dalam beberapa bulan mendatang.

Ini merupakan langkah persiapan Jepang dalam menghadapi ancaman yang ditampilkan oleh Korea Utara (Korut). Menurut surat kabar Jepang, Nikkei, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (04/01/2017), Negeri Sakura itu dikabarkan sedang memilih kota yang akan dijadikan tempat simulasi evakuasi itu.

Simulasi itu diprediksi akan dilakukan pada bulan Maret mendatang. "Latihan yang direncanakan akan dilakukan dengan menggunakan sistem peringatan berbasis satelit, J-Alert, yang dirancang untuk menyampaikan pesan darurat dalam waktu 20 detik melalui pengeras suara dan ponsel," bunyi laporan Nikkei.

"Warga akan dilatih untuk mencari perlindungan di bawah tanah dalam kasus ini adalah rudal Korut, dengan rentang waktu 10 hingga 15 menit sebelum serangan itu datang. Jepang sangat waspada terhadap tes rudal balistik Korut," sambungnya.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) menyatakan mereka tengah mempersiapkan sanksi baru untuk Korut terkait dengan rencana uji coba rudal tersebut.

Korut seperti diketahui berencana melakukan uji coba rudal balistik antarbenua awal tahun ini. Prediksi itu muncul setelah pemimpin tertinggi Korut Kim Jong-un mengatakan Pyongyang dalam “tahap akhir” mengembangkan misil balistik antarbenua.(exe/ist)
0 Komentar